Home News Update DPRD Gunungkidul Hanya Selesaikan 8 Perda

DPRD Gunungkidul Hanya Selesaikan 8 Perda

Ilustrasi

Gunung Kidul, 4/1 (Beritajateng.net) – DPRD Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, hanya mampu menyelesaikan delapan peraturan daerah dari 24 rancangan peraturan daerah yang masuk dalam program legislasi daerah 2014.

Wakil Ketua DPRD Gunung Kidul, Marsiyono di Gunung Kidul, Minggu, mengatakan, faktor lambatnya kinerja anggota dewan diakibatkan 2014 merupakan tahun politik, sehingga banyak yang memilih untuk berkonsentrasi mencari dukungan.

“Fungsi dewan tidak hanya pada pengawasan dan legislasi karena juga ada penyerapan aspirasi ke warga. Hal itu tidak menyalahi aturan,” kata Marsiyono.

Dari data Sekretaris Dewan (Sekwan) DPRD Gunung Kidul, pada 2014 merupakan pencapaian yang paling minim sejak 2010. Jumlah tersebut hanya lebih baik dibandingkan dengan hasil perda di 2009 karena saat itu ada enam peraturan yang disahkan.

Selain itu, faktor menurunnya kinerja karena dinamika dalam pembentukan alat kelengkapan dewan (AKD). Marsiyono mengakui pembentukan tersebut memakan waktu hingga waktu empat bulan. Tanpa adanya AKD, maka fungsi dewan tak bekerja dengan maksimal.

“Dalam pembentukan AKD memerlukan proses panjang, baru bisa bekerja di pertengahan November 2014, sedang waktu yang tersisa belum bisa untuk menyelesaikan seluruh rancangan,” katanya.

Namun demikian, dirinya optimistis bisa menyelesaikan yang sudah diprogramkan. Sehingga kinerja dewan bisa meningkat dari sebelumnya.

“Pada 2015, kami sudah sepakat menyelesaikan 24 prolegda,” kata Marsiyono.

Ketua DPRD Gunung Kidul, Suharno mengatakan, selesainya permasalahan AKD sudah selesai, sudah tidak ada faksi dalam tubuh dewan. ” semuanya sudah siap untuk kerja,” katanya.

Ia mengatakan panitia khusus (Pansus) butuh waktu 2 – 3 bulan untuk menyelesaikan perda yang dibebankan. Sementara itu, ada beberapa prolegda yang berisi perubahan perda.

“Satu panitai khusus bisa membahas tiga raperda sekaligus jadi kami optimis selesai,” katanya.(ant/Bj02)