Home Lintas Jateng DPRD Coret Anggaran Beasiswa Berprestasi

DPRD Coret Anggaran Beasiswa Berprestasi

DPRD coret anggaran
DPRD coret anggaran beasiswa untuk pelajar berprestasi
DPRD coret anggaran
DPRD coret anggaran beasiswa untuk pelajar berprestasi

Temanggung, 28/11 (BeritaJateng.Net) – Badan Anggaran DPRD Kabupaten Temanggung mencoret usulan anggaran pemberian beasiswa kepada anak berprestasi sekitar Rp1 miliar yang diajukan bupati dalam RAPBD 2015.

“Pemberian beasiswa berprestasi ini sebenarnya sudah dilakukan oleh pihak swasta dan nanti kami harapkan perencanaan yang dilakukan oleh pemerintah daerah betul-betul terintegrasi,” kata juru bicara Badan Anggaran DPRD kabupaten Temanggung Slamet Eko Wantoro di Temanggung, Jumat (28/11).

Ia mengatakan hal tersebut pada rapat paripurna DPRD Kabupaten Temanggung yang membahas RAPBD Kabupaten Temanggung 2015 hasil pembahasan Badan Anggaran.

Ia mengatakan perencanaan harus dimulai dari siapa yang sebenarnya berhak menerima beasiswa tersebut, bentuk bantuannya seperti apa, “leading” sektornya di mana, bantuan anak berprestasi itu apakah diberikan “leading” sektor kesejahteraan atau Dinas Pendidikan harus disepakati.

“Saya harapkan tahun 2016 sudah bisa masuk, namun untuk 2015 karena ini suatu hal yang baru dan bupati menyampaikan sementara dikaji dulu maka pengkajiannya ini butuh waktu,” katanya.

Pada paripurna tersebut, delapan fraksi DPRD Temanggung menyetujui RAPBD 2015 dengan rincian pendapatan daerah sebesar Rp1,33 triliun terdiri atas PAD Rp152,16 miliar dan dana perimbangan Rp843,55 miliar, lain-lain pendapatan yang sah Rp317,48 miliar, dan belanja derah Rp1,45 triliun sehingga terjadi defisit Rp144,41 miliar.

Pembiayaan daerah terdiri atas penerimaan pembiayaan Rp193,41 miliar, pengeluaraan pembiayaan Rp49 miliar sehingga terjadi pembiayaan netto Rp144,41 miliar.

Pada pandangan umum, juru bicara Fraksi PPP Guruh Saputro mengatakan bupati harus segera membuat peraturan bupati sebagai implementasi pelaksanaan Perda Pendidikan.

Fraksi PPP berharap peraturan tersebut harus mengakomodasi semua kepentingan termasuk di dalamnya untuk menyelamatkan pelajar Temanggung dari degradasi moral.

Di samping itu, katanya, pemerintah daerah harus memperhatikan sekolah-sekolah swasta karena keberadaan mereka membantu pemerintah dalam rangka mencerdaskan bangsa dengan asas keadilan karena sampai saat ini masih tampak diskriminasi antara sekolah negeri dengan swasta.

“Selain itu, peraturan bupati akan bisa menghadapi permasalahan-permasalahan pendidikan yang sangat beragam, maka Fraksi PPP meminta bupati untuk memprioritaskan hal tersebut,” katanya. (ant/pri)