Home DPRD Kota Semarang DPRD Bentuk Tiga Pansus Selesaikan Raperda Tahun 2015

DPRD Bentuk Tiga Pansus Selesaikan Raperda Tahun 2015

Rapat paripurna Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Semarang

 

Rapat paripurna Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Semarang
Rapat paripurna Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Semarang

Semarang, 14/10 (BeritaJateng.net) – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Semarang membentuk tiga panitia khusus (Pansus) untuk menyelesaikan 6 Rancangan peraturan daerah atau Raperda yang ditargetkan selesai akhir tahun 2015 nanti.

Ketua DPRD kota Semarang Supriyadi menyebutkan, enam Raperda yang diusulkan ke rapat paripurna DPRD yakni 3 Raperda inisiatif dari Pemkot Semarang yakni raperda penyelenggaraan bantuan hukum, raperda penyertaan modal pemkot pada BUMD dan perubahan Perda No. 2 tahun 2012 terkait retribusi jasa umum.

Selanjutnya, tambah Supriyadi, dari prakarsa DPRD yakni usulan raperda pengendallian Tower, Raperda analisis dampak lalu lintas, amdal lalin dan raperda pecegahan dan penanggulangan bencana  kebakaran.

“Terkait dengan beberapa perda ini seperti Raperda Analisis dampak lalu lintas (amdal lalin), saat ini perda tersebut belum selesai dalam bentuk perda, termasuk juga jalur sepeda yang masih terabaikan. oleh karenanya salah satu rumusan dalam raperda tersebut yakni setiap toko dipinggir jalan protokol wajib untuk menyediakan lahan parkir,” katanya.

Selain jalur sepeda yang menjadi konsen percepatan pembuatan raperda ini yakni penanggulangan bencana kebaran, hal ini merujuk pada perbaikan penanganan pada sejumlah pasar tradisional. “Nantinya ke tiga pansus akan menangani masing-masing dua perda yang ditargetkan selesai akhir tahun ini,” ungkapnya.

Sementara itu, Penjabat (Pj) Walikota Semarang Tavip Supriyanto menyambut positif kinerja DPRD dengan tiga Pansus DPRD yang diharapkan bekerja maksimal sesuai target.

“Harapannya semua berjalan optimal, sehingga pada tahun 2016 nanti raperda yang telah disahkan akan segera disosialisasikan dan diterapkan kepada masyarakat,” tutur Tavip. (Bj)