Home News Update DPR RI: Kawal Pilkada 2018 Berjalan Bersih dan Jujur

DPR RI: Kawal Pilkada 2018 Berjalan Bersih dan Jujur

261
0
Konsolidasi partai dan Pendidikan Politik Kebangsaan yang digelar bersama Anggota DPR RI Mujib ROhmat.
      KENDAL, 17/5 (BeritaJateng.net) — Anggota MPR RI Mujib Rohmat mengajak kepada seluruh lapisan masyarakat untuk menyukseskan Pilkada 2018. Yakni dengan menjaga pilkada tersebut berjalan jujur dan adil serta bersih.
       Demikian disampaikan Anggota Komisi X DPR Ridalam kegiatan Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan dan Pendidikan Politik Kebangsaan di Kecamatan Brangsong, Kabupaten Kendal, baru-baru ini. Menurutnya, pilkada tahun ini sangat penting sebagai momentum untuk meningkatkan kualitas demokasi.
      Seiring dengan itu melalui pilkada ini akan dipilih ratusan pasangan kepala daerah yang akan memimpin daerah selama lima tahun ke depan. “Makanya, semuan pihak yang terlibat dalam pilkada hendaknya memperlihatkan dukungan dan partisipasi aktifnya untuk mewujudkan pilkada bersih, jujur dan damai,” katatanya.
       Pilkada bersih, jujur dan damai menurutnya dapat tercipta jika lembaga penyelenggara independen dan profesional. Begitupun lembaga pengawas harus bisa cermat dan tegas. Sedangkan pasangan calon serta tim suksesnya harus bisa sama-sama menaati aturan yang sudah disepakati bersama.
        Pasangan calon harus bisa mengedepankan visi dan misi serta program kerjanya untuk meriah simpati dan dukungan masyarakat. “Program kerja yang diusung hendaknya mampu meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat, meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat. Hendaknya program kerja yang ditawarkan itu bisa diwujudkan dan memang merupakan kebutuhan masyarakat,” ujarnya.
        Dalam kesempatan itu, Mujib Rohmat juga menyampaikan pentingnya memperkuat Pancasila sebagai ideologi negara dalam kehidupan masyarakat. Pancasila harus makin sering dielaborasi dan ditingkatkan penerapannya dalam berbagai bidang kehidupan. “Hal ini agar masyarakat mendapatkan manfaat nyata dari keberadaan Pancasila sebagai dasar negara Indonesia,” katanya.
        Mujib meneruskan dengan jalan demikian, ideologi asing tidak akan mendapat tempat dalam masyarakat karena masyarakat makin meyakini keberadaan Pancasila dan merasakan manfaat nyata dari penerapannya secara konsisten. “Oleh karena itu saya mendukung sepenuhnya keputusan Presiden Jokowi yang meningkatkan status UKP PIP menjadi Badan Pembinaan Ideologi Pancasila. Keputusan ini penting untuk meningkatkan peran Pancasila dalam kehidupan nasional kita”, ujar anggota DPR dari Dapil I Jateng tersebut.  (Sty/El)