Home Hiburan DPP Peradah Tolak Konser Dream Theater di Prambanan

DPP Peradah Tolak Konser Dream Theater di Prambanan

16
0
              SEMARANG, 29/9 (BeritaJateng.net) – Konser grup musik beraliran cadas asal Amerika, Dream Theater yang dilaksanakan di Pelataran Candi Prambanan, mendapatkan penolakan dari Dewan Pimpinan Provinsi (DPP) Perhimpunan Pemuda Hindu (Peradah) Jawa Tengah, lantaran dianggap menodai kesucian candi yang biasanya digunakan untuk kegiatan agama Umat Hindu.
                 Ketua DPP Persadah Jateng, I Gede Ananta Wijaya, mengatakan jika penolakan acara bertajuk JogjaROCKarta: International Rock Music yang digelar di Candi Prambanan, lantaran Candi tersebut merupakan salah satu candi Hindu terbesar di indonesia  bahkan Asia Tenggara.
              “Candi tersebut dibangun oleh nenek moyang dengan pemikiran yang luhur, jadi harus dimanfaatkan sesuai dengan nilai luhur pula, selain itu kami menganggap jika tempat tersebut suci karena juga digunakan sebagai tempat ibadah,” katanya.
                 Ia mencontohkan, saat melakukan ibadah Nyepi, Umat Hindu tidak melantunkan suara keras. Mereka diminta mengecilkan volume suara agar tak merusak struktur candi. Padahal dalam ibadah, dilantunkan tembang Jawa dengan gamelan. “Kami saja tidak boleh melantunkan suara keras, nah ini malah musik keras,” keluhnya.
                    Mewakili Peradah Jateng, I Gede Ananta menegaskan sikap penolakannya terkait kegiatan musik yang tidak berkaitan dengan nilai-nilai luhur yang diselenggarakan di Candi Prambanan. “Kami jelas menolak tegas, karena tidak berkaitan dengan nilai-nilai luhur, dalam Candi,” tambahnya.
                    Ia menegaskan, bila kegiatan konser tetap dilaksanakan, Ananta memastikan pihaknya akan tersakiti, walaupun bangunan tersebut disebut sebagai death monument oleh sebagian orang. “Intinya kami menolak, jika kegiatan konser musik rock tetap dilaksanakan maka itu akan sangat menyakiti perasaan kami,” tutupnya. (bj/el)