Home Lintas Jateng DPD RI Jembatani Perbankan Untuk Bantu Permodalan Pedagang Pasar Johar

DPD RI Jembatani Perbankan Untuk Bantu Permodalan Pedagang Pasar Johar

Anggota DPD RI, Bambang Sadono dan Parlindungan Purba saat meninjau lokasi kebakaran Pasar Johar Semarang, Kamis (14/5)
Anggota DPD RI, Bambang Sadono dan Parlindungan Purba saat meninjau lokasi kebakaran Pasar Johar Semarang, Kamis (14/5)
Anggota DPD RI, Bambang Sadono dan Parlindungan Purba saat meninjau lokasi kebakaran Pasar Johar Semarang, Kamis (14/5)

Semarang,14/5 (BeritaJateng.net) – Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI) menjembatani perbankan untuk dapat membantu permodalan korban kebakaran Pasar Johar Semarang.

Hal disampaikan oleh Anggota DPD RI asal Jawa Tengah Bambang Sadono saat melakukan tinjauan bersama Ketua Komite II DPD RI Parlindungan Purba di Pasar Johar Semarang, Kamis.

Dalam tinjauannya, Bambang Sadono menjelaskan, bahwa pihaknya, memang ditugaskan oleh Ketua DPD RI Irman Gusman untuk terus memantau masalah ekonomi pedagang Pasar Johar.

“Masalah paling mendesak ialah dengan di permodalan. Konsep kami bagaimana mendampingi para pedagang pasar johar ini supaya memiliki modal kembali,” tuturnya.

Ia menyatakan telah menghubungi dan berkoordinasi dengan perbankan. Bahkan, Bambang juga mempertimbangkan dan mencari solusi agar modal pinjaman peagang yang lama dapat diringankan atau diputihkan, kemudian agar dapat dikembalikan ke modal yang baru.

Konsep jangka panjangnya, yakni pembangunan kembali  pasar ini oleh pemerintah, jadi jangan sampai dibebankan pada pedagang, sehingga nantinya pasar ini tetap milik pemerintah dan nantinya para pedagang tetap membayarkan pajak retribusinya kepada negara.

“Jadi akan gampang mengaturnya dan para pedagang nantinya akan lebih disiplin,” katanya.

Dengan terbakar pasar Johar, semua modal para pedagang yang ikut habis terbakar, padahal saat ini pemerintah kota sedang menyiapkan tempat sementara untuk para pedagang. “Jika lokasinya ada tetapi modalnya tidak ada tentunya para pedagang masih sangat kerepotan, disitulah yang sedang kita fokuskan,” tambahnya.

Pengawalan bantuan modal lewat perbankan tersebut telah ditindak lanjuti oleh Ketua Komite II DPD RI Parlindungan Purba. Ia menyampaikan bahwa pihaknya akan membantu menjembatani lewat perbankan.

“Kami coba jembatani melalui Otoritas Jasa Keuangan Pusat dan perbankan untuk menginformasikan hasil kunjungan ini,” ucapnya.

Harus ada treatment khusus mengenai pendanaan kepada para pedagang korban Pasar Johar ini, karena Pasar Johar ini merupakan pasar bersejarah, dan merupakan pasar induk yang dapat mempengaruhi pasar-pasar lainnya. Yang terpenting adalah pemerintah harus hadir di tengah-tengah para pedagang.

Pihaknya berencana untuk mengusulkan kepada OJK dan Perbankan khususnya permasalahan bunga dan jangka waktu permodalan kembali para pedagang.

“Bisa saja tidak diputihkan tetapi jangka perkreditannya akan diperpanjang dan bunga diperkecil, semisal diputihkan kemungkinan akan merepotkan Perbankan,” tambah Parlindungan.(BJ06)