Home Ekbis Dorong Kemerdekaan Finansial, Dengan Gerakan #NyalakanIndonesia

Dorong Kemerdekaan Finansial, Dengan Gerakan #NyalakanIndonesia

329
Dorong Kemerdekaan Finansial, Dengan Gerakan #NyalakanIndonesia

Jakarta, 19/8 (BeritaJateng.net) – 74 tahun sudah Indonesia merdeka dan selama itu juga Bank OCBC NISP telah mewujudkan komitmennya menjadi partner perbankan untuk membantu masyarakat mencapai kemerdekaan finansial. Perjalanan melewati berbagai tantangan dalam memberikan layanan perbankan dengan semangat Tidak Ada Yang Tidak Bisa (TAYTB) menginsipirasi Bank OCBC NISP untuk meluncurkan gerakan #NyalakanIndonesia.

Gerakan ini mengajak masyarakat untuk memerdekakan diri dari rasa takut, ragu dan tidak percaya diri agar dapat meraih aspirasinya, termasuk mencapai kemerdekaan finansial.

SDM Unggul, SDM Melek Keuangan
Bank OCBC NISP percaya bahwa SDM unggul yang memiliki kemampuan manajemen keuangan yang baik merupakan salah satu kunci kemajuan Bangsa. Namun pada realitanya, berdasarkan Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan terakhir yang dikeluarkan OJK, kurang dari 30% orang Indonesia yang berstatus melek keuangan, ditambah dengan fakta bahwa generasi millenial saat ini lebih memilih investasi jangka pendek yang akan digunakan untuk belanja dan traveling. Bahkan, hanya 10,7% dari pendapatan generasi millenial yang ditabung.

Sejalan dengan tema HUT ke-74 RI “SDM Unggul, Indonesia Maju”, Parwati Surjaudaja, Presiden Direktur Bank OCBC NISP menyatakan bahwa Bank OCBC NISP terus bersinergi dengan berbagai pemangku kepentingan, baik pemerintah, asosiasi maupun pelaku industri untuk dapat membantu meningkatkan literasi dan inklusi keuangan masyarakat Indonesia.

“Selama semester 1 2019 kami secara aktif melakukan edukasi keuangan bagi lebih dari 1.400 masyarakat Indonesia. Tidak hanya edukasi, kami pun telah menyiapkan solusi NYALA dari Bank OCBC NISP yang dapat menjadi solusi menyeluruh untuk kebutuhan perbankan pribadi maupun bisnis dari nasabah kami. Kami berharap, seluruh inisiatif yang dihadirkan oleh Bank mampu membangun semangat untuk bekerja keras dan berprestasi demi mewujudkan ‘SDM Unggul, Indonesia Maju’,” jelas Parwati.

Gerakan #NyalakanIndonesia Pada HUT Republik Indonesia ke-74
Tak hanya Bank OCBC NISP yang sudah menyalakan Indonesia, banyak putra-putri kebanggaan Indonesia yang telah mengukir prestasi dan menghasilkan karya yang diakui dunia. Salah satu putra bangsa yang telah membuktikan dirinya sebagai SDM unggul adalah rapper sekaligus produser dan penulis lagu, Rich Brian.

Rich Brian berhasil meraih cita-citanya menjadi artis Asia pertama yang menduduki posisi puncak di iTunes untuk musik hip-hop. Kisah perjuangan Rich Brian sebagai orang Indonesia yang berjuang hingga dapat bersinar di kancah internasional ini dituangkan dalam lagu terbarunya yang berjudul “KIDS”.

Rich Brian dalam interview-nya di video TAYTB Chronicles menceritakan pengalamannya saat pertama kali datang ke Amerika di umur 17 tahun dan melalui lagu berjudul “KIDS” dia ingin menyampaikan pesan agar orang tau bahwa seorang Rich Brian berasal dari Indonesia.

“Dari Indonesia dan jadi rapper Asia di Amerika, saya pernah merasa ‘Benarkah saya pantas di sini?’, ‘Apakah benar ini yang harusnya saya lakukan?’. Tetapi hal ini justru lebih memotivasi saya untuk bisa membuktikan ke orang lain dan ke diri saya sendiri bahwa saya seorang seniman. Jadi, jangan batasi dirimu sendiri. Kamu bisa membuat sesuatu hal yang baru, yang bahkan orang-orang belum pernah lihat sebelumnya. Karena kita bisa meraih lebih dari apa yang kita bayangkan” ujar Rich Brian.

“Rich Brian merupakan living example seseorang yang memiliki semangat Tidak Ada Yang Tidak Bisa. Dengan semangat ini, Rich Brian berhasil menyalakan Indonesia di kancah internasional. Dengan gerakan #NyalakanIndonesia, kami ingin mengajak lebih banyak anak bangsa untuk tidak mudah menyerah, mau kerja keras dan punya tekat yang kuat untuk meraih aspirasinya dengan semangat Tidak Ada Yang Tidak Bisa. Melalui gerakan ini, kami ingin lebih banyak masyarakat Indonesia yang dapat menyalakan Indonesia di kancah internasional,” ujar Parwati.

Rangkaian Kegiatan Gerakan #NyalakanIndonesia
Gerakan #NyalakanIndonesia di awali dengan dinyalakannya instalasi lampu berbentuk peta Indonesia dan NyalakanIndonesia sebagai bagian dari “Monas Week – Festival of Light” yang diselenggarakan oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta selama 10 hari dari tanggal 15 – 25 Agustus 2019. Puncak acara #NyalakanIndonesia yang bertempat di Monumen Nasional pada 18 Agustus 2019 dihadiri oleh Presiden Direktur Bank OCBC NISP Parwati Surjaudaja, jajaran manajemen Bank OCBC NISP.

Untuk lebih mengobarkan semangat Tidak Ada Yang Tidak Bisa, Bank OCBC NISP juga memberikan apresiasi berupa TAYTB Award kepada 17 anak bangsa yang telah mengharumkan nama bangsa di berbagai bidang, mulai dari industri perfilman, fashion, temuan di bidang teknologi, hingga aksi pelestarian lingkungan.

Tidak berhenti di situ, pada acara puncak juga digelar Simfoni Kemerdekaan 18 Agustus 2019 di Monumen Nasional, menghadirkan 3D video mapping di tugu Monas yang menampilkan pesan dan semangat #TAYTB untuk #NyalakanIndonesia, penampilan Marching Band Madah Bahana Universitas Indonesia, Orkes Simfoni Universitas Indonesia (OSUI) Mahawaditra serta penampilan musik dari musisi Indonesia ternama.

Kemarin, bertepatan pada perayaan Hari Kemerdekaan yang ke-74, masyarakat diajak untuk mendukung gerakan #NyalakanIndonesia dengan mengunggah video ‘Jentikan Jari’ secara serentak pada pukul 19.00 WIB pada 17 Agustus 2019 melalui Instastory masing-masing. (El)