Home News Update DKV Udinus Kembali Raih Akreditasi A

DKV Udinus Kembali Raih Akreditasi A

Semarang, 16/12 (BeritaJateng.net) –¬†Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Semarang kembali mendapatkan akreditasi A untuk Program Studi (Progdi) Desain Komunikasi Visual (DKV) sesuai dengan pengumuman yang dikeluarkan BAN PT dengan nomor SK: 1151/SK/BAN-PT/Akred/XI/2015 tertanggal 14 November 2015.

Setelah pada Oktober lalu, progdi Teknik Informatika juga berhasil mendapatkan akreditasi A.

“Akreditasi A yang diperoleh DKV Udinus ini memang suatu kebanggaan tersendiri bagi kami. Karena hanya Udinus, satu-satunya perguruan tinggi dengan predikat A untuk progdi DKV-nya. Tentunya ini tidak hanya menjadikan kami tinggi hati, melainkan akan terus mempertahankan predikat tersebut dan menambah kualitas yang ada,” papar Rektor Udinus, Dr. Ir. Edi Noersasongko, M.Kom.

Kerja keras pengelola, dosen, mahasiswa dan stakeholder seakan terbayar dengan telah dirilisnya SK dari BAN PT ini. Sejak persiapan borang akreditasi dan visitasi pada Agustus 2015 lalu, DKV Udinus memberikan usaha semaksimal mungkin, untuk hasil yang maksimal.

“Saat itu, khusus untuk wawancara mahasiswa, kami persilakan asesor untuk melihat langsung karya-karya mahasiswa Udinus di ruang galeri pamer Gedung H. Dan nampaknya para asesor puas. Hal ini tercermin dari predikat A yang diberikan, dengan total nilai 372,” papar Ir. Siti Hadiati Nugraini, M.Kom, Ph.D selaku Kaprogdi DKV Udinus.

Karya mahasiswa yang baik serta menarik minat para asesor ini, menunjukkan kurikulum dan proses belajar mengajar yang baik. Selain itu dosen juga dituntut untuk meningkatkan publikasi, penelitian, serta pengabdian masyarakat.

Dengan 4 peminatan yang dimiliki DKV Udinus, yakni Animasi, Multimedia dan Game, Desain Grafis, serta Advertising, diharapkan para calon mahasiswa yang ingin masuk ke jurusan Desain Komunikasi Visual dapat menjadikan Udinus sebagai pilihan pertama.

“Hal ini tentu akan menjadikan cambuk bagi kami, untuk lebih meningkatkan kualitas dosen dan mahasiswa. Yang nantinya akan berefek pada reputasi positif Udinus,” tandas Siti.

Tradisi Nilai A

Sementara itu, Kahumas Udinus  Agus Triyono., MSi saat dikonfirmasi mengaku sangat bangga dan bersyukur bahwa program studi DKV mampu memberikan performa terbaiknya dengan mengantongi point tinggi yakni akreditasi A.

“Ini adalah sebuah anugerah dan rahmad Sang Khalik bahwa institusi ini mendapat berkah dengan nilai optimal. Tentu ini adalah kerja keras dan kerja cerdas semua pihak yang terlibat dalam proses penilaian dari tim asesor.

Seperti diketahui akreditasi program studi menjadi bagian yang sangat penting dalam rangka penyelenggaraan program pendidikan.

“Akreditasi menjadi suatu hal yang sangat krusial dan sangat penting dalam sebuah institusi pendidikan. Salah satu jaminan mutu dari lembaga pendidikan juga didasarkan pada faktor ini,” tambah Agus.

Ia mengaku bahwa prestasi A bagi program studi DKV diharapkan menjadi sebuah “virus” bagi program studi lainnya untuk memperoleh akreditasi yang sama yakni akreditasi A.

“Kami yakin mereka mampu mewujudkannya sesuai dengan harapan semua pihak, stakeholders dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan,” pungkasnya. (BJT01)