Home Lintas Jateng Disnakan Karangayar Tebar Ribuan Benih Ikan di Waduk dan Sungai

Disnakan Karangayar Tebar Ribuan Benih Ikan di Waduk dan Sungai

414
Ilustrasi

Karanganyar,9/1 (Beritajateng.net) – Kepala Dinas Peternakan dan  Perikanan (Disnakan) Kabupaten Karanganyar, Ir Sumijarto, mengatakan, ekosistem ekosistem ikan yang ada di sungai maupun waduk di Kabupaten Karangayar jumlahnya menurun drastis.

Selain tercemarnya aliran sungai oleh limbah, menurunnya ekosistem ikan di wilayah Karanganyar juga faktor cuaca yakni musim kemarau yang cukup panjang yang mengakibatkan sungai dan waduk menjadi kering, sehingga ikan banyak yang mati.

Oleh sebab itu, Dinsnakan Karanganyar saat ini berusaha memperbarui ekosistem dengan menebar benih atau bibit ikan di sungai dan waduk.

Beberapa bibit ikan jenis nila, lele, mujair ditebar di sungai yang besar misalnya sungai Mantenan, Samin, Walikan. Selebihnya di tebar di sungai kecil atau anakan sungai.”Jumlah bibit yang ditebar ada sekitar 250 ribu ekor ikan untuk melestarikan sumber alam hayati,” ungkapnya, Jum’at (9/1).

Penebaran benih ikan itu merupakan salah satu program pemerintah. Baru dilaksanakan sekarang karena terkendala musim kemarau panjang. Dimana sungai dan waduk menjadi kering.

Sehingga saat musim hujan di bulan Desember tiba benih ikan itu mulai di sebar. Sebagai salah satu cara untuk meningkatkan dan melestarikan sumber daya hayati. “Untuk memperbaiki kondisi lingkungan sungai kita tebar bibit ikan baru,” pungkasnya. (BJ24)