Home Headline Disdukcapil: Informasi Sosmed KIA Jadi Syarat Daftar Sekolah Di Kota Semarang Hoax

Disdukcapil: Informasi Sosmed KIA Jadi Syarat Daftar Sekolah Di Kota Semarang Hoax

451
Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kota Semarang Adi Tri Hananto

Semarang, 12/1 (BeritaJateng.net) – Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kota Semarang Adi Tri Hananto membantah terhadap informasi yang tersebar di media sosial jika Kartu Identitas Anak (KIA) mulai tahun 2019 dijadikan syarat sebagai anak untuk mendaftar sekolah.

“Sampai hari ini, di Kota Semarang KIA ataupun KTP anak, tidak menjadi syarat pendaftaran sekolah. Ini merupakan hasil koordinasi kami dengan Dinas Pendidikan Kota Semarang. Jadi, informasi yang ada di media sosial yang menyampaikan, khususnya di Kota Semarang bahwa KIA akan menjadi syarat pendaftaran sekolah adalah tidak benar,” tegas Adi Tri Hananto di Media Center Balaikota Semarang.

Adi menjelaskan, kebijakan belum diterapkannya KIA untuk syarat mendaftarkan sekolah diambil karena mayoritas anak di Kota Semarang belum memiliki kartu tersebut.

“Jumlah anak di Kota Semarang kurang lebih 400 ribu, sampai hari ini kita melayani KIA sejumlah 60 ribu. Sehingga sebagian besar belum dan KIA sesuai Permendagri Nomor 2 Tahun 2016 tentang KIA akan diberlakukan secara bertahap sampai tahun 2019,” jelas mantan Sekda Kota Semarang ini.

Adi membeberkan, masih banyak kabupaten/kota lainya belum melakukan pencetakan KIA. Meski Kota Semarang sudah memulai pencetakan KIA dimulai tahun lalu, namun kebijakan tersebut sebagai syarat untuk mendaftar sekolah sampai saat ini belum diterapkan.

“Jadi, KIA semata-mata untuk perlindungan anak dan identitas anak saja. Tentunya KIA akan dipergunakan anak yang belum berusia 17 tahun atau yang belum memiliki KTP untuk melakukan hal-hal sesuai kebutuhan. Misalnya membuka rekening bank, untuk pembelian tiket pesawat atau tiket Kereta Api (KA),” bebernya.

Selain itu, KIA dibutuhkan identitas itu tidak perlu diantar atau menggunakan menggunakan identitas orang tua cukup dengan menggunakan identitas yang bersangkutan. (El)