Home Lintas Jateng Disdik Kota Semarang Pamerkan Hasil Pendidikan Karakter

Disdik Kota Semarang Pamerkan Hasil Pendidikan Karakter

249
0
Disdik Kota Semarang Pamerkan Hasil Pendidikan Karakter
        SEMARANG, 2/5 (BeritaJateng.net) – Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) yang sudah berjalan setahun terakhir mulai menunjukan hasilnya. Siswa SD dan SMP di Kota Semarang karakternya semakin baik khususnya dalam religius, nasionalis, mandiri, gotong royong dan integritas. Hal ini bisa dilihat pada pameran gelar pendidikan karakter di kantor Dinas Pendidikan Kota Semarang.
         Pameran yang diikuti UPTD di 16 kecamatan ini dibuka oleh walikota Semarang Hendrar Prihadi. Semua kecamatan memamerkan prestasi sekolah baik akademik maupun non akademik. Sejak pagi halaman kantor dinas, baik halaman depan maupun halaman tengah dipenuhi para siswa yang ingin unjuk kebolehan di panggung.
         Tidak hanya itu saja pameran hasil pendidikan karakter ini juga mengundang perhatian sejumlah sekolah untuk menyaksikan kegiatan ini. Saat ditemui usai membuka pameran pendidikan karakter, walikota Semarang Hendrar Prihadi menegaskan pendidikan karakter merupakan hal yang pokok dalam menciptakan generasi bangsa.
        “Nilai-nilai dalam pendidikan karakter yakni Religius, Nasionalis, Mandiri, Gotong royong dan Integritas, sangat pas untuk mendidik generasi muda kita menjadi lebih baik dan memiliki karakter,” ujar walikota Semarang. Beberapa waktu lalu, bangsa kita memang mengalami krisis karakter, namun dengan program nawa cita dan revolusi mental oleh Presiden Jokowi, kini generasi muda mulai dibentuk karakternya.
        “Lima nilai pendidikan karakter itu sudah pas, para siswa harus memiliki nilai-nilai semacam tersebut, sehingga ada kepedulian pada masyarakat dan bangsa,” kata walikota. Sikap para elit yang dipertontonkan seperti saling menjelekan dengan memaparkan data yang dimiliki, menurut walikota karena kurang memiliki karakter sebagai bangsa yang cinta gotong royong.
         Untuk itu walikota mengajak agar pendidik di Kota Semarang terus menanamkan nilai-nilai pada pendidikan penguatan karakter agar tercipta generasi muda yang cinta tanah air dan tidak mengedepankan kepentingan pribadi atau golongan. “Pemkot akan terus melakukan penguatan pendidikan karakter pada siswa mulai SD hingga SMP,” katanya.
        Sementara itu Kepala Dinas Pendidikan Kota Semarang Bunyamin menandaskan selain memamerkan hasil pendidikan penguatan karakter juga dilakukan penulusuran bakat dan minat siswa SD. “Sejumlah siswa sekolah tampil dalam bidang seni, kegiatan ini sebagai ajang untuk mencari bakat dan minat siswa SD,” ujar Bunyamin. (El)