Home News Update Disdik Kota Semarang Lakukan Pengecekan Naskah Soal UN SMA/Sederajat Sebelum Didistribusikan

Disdik Kota Semarang Lakukan Pengecekan Naskah Soal UN SMA/Sederajat Sebelum Didistribusikan

657
Pengecekan naskah soal UN oleh Dinas Pendidikan Kota Semarang sebelum didistribusikan.

Semarang, 2/4 (BeritaJateng.net) –¬†Senin 4 April 2016, seluruh siswa SMA, SMK dan sederajat secara serentak akan mengikuti Ujian Nasional 2016. Untuk itulah segala persiapan pun tengah dilakukan, mulai dari pendistribusian naskah soal hingga jadwal pelaksanaan ujian.

Kepala Bidang Pendidikan Dasar dan Menengah (Dikdasmen) sekaligus ketua kepanitiaan UN, Drs. Sutarto., MM saat ditemui di kantor Dinas Pendidikan Kota Semarang menjelaskan bahwa sekira pukul 02.04 WIB dini hari Sabtu (2/4) naskah tiba dari Provinsi ke Kabupaten Kota.

Berdasarkan penuturan Sutarto, sekira pukul 06.00 WIB mobil truk yang memuat naskah dibuka dan disaksikan petugas Polsek Semarang, petugas Kepolisian Kudus, petugas Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah serta Ombudsman untuk diturunkan.

“Naskah diturunkan dan dimasukkan ke Aula Disdik Kota Semarang sebagai tempat penyimpanan,” katanya saat diwawancarai Sabtu (2/4) sore.

Ia juga menambahkan jika jumlah naskah untuk tingkat SMA/MA sederajat sebanyak 930 box naskah, SMK ada 357 box, SMALB 15 box serta Paket C ada 210 box. Adapun petugas yang mengawasi keamanan naskah soal ada dari petugas Dinas Pendidikan dan Polsek Candisari sebanyak 2 orang, mereka secara bergantian berjaga-jaga.

Naskah soal ujian nasional telah sampai di kantor Dinas Pendidikan Kota Semarang dan tengah dilakukan pengecekan sebelum didistribusikan.
Naskah soal ujian nasional telah sampai di kantor Dinas Pendidikan Kota Semarang dan tengah dilakukan pengecekan sebelum didistribusikan.

Sementara untuk masing-masing pengurus sub rayon bertugas mengecek naskah yang telah disiapkan terkait kelengakapannya sudah sesuai dengan yang dibutuhkan atau belum.

“Kalau belum harus dikomunkasikan dengan Dinas Provinsi Jawa Tengah. Pengecekan dilakukan mulai dari dusnya dan naskah UN apakah sudah ada nama sekolahnya atau belum,” terang Sutarto.

Pihaknya juga mengatakan, agar tidak terjadi kebocoran, maka tiap amplop naskah soal sudah ada sisa satu soal. Dijelaskannya, misalnya satu ruangan ada 20 siswa maka isi soalnya 21.

“Apabila jumlah siswanya 14 maka diberi amplop isi 15. Kalau ada kerusakan soal ada cadangan di dalam amplop. Sisanya sudah diberikan di dalam amplop tertutup rapat agar tidak terjadi kebocoran,” tuturnya.

Berdasarkan pengalaman tahun-tahun yang lalu, naskah soal selalu beres dan tidak ada kekurangan, namun pihaknya juga tidak memastikan jika sekarang pasti sama dengan kemarin.

“Besok pagi, sekira pukul 08.30 WIB naskah soal akan didistribusikan kepada masing-masing sub rayon. Untuk SMA ada 5 sub rayon, yakni SMAN 1, SMAN 2, SMAN 3, SMAN 6 dan MAN 1. Sementara untuk SMK ada 6 sub rayon yakni, SMKN 1, SMKN 2, SMKN 4, SMKN 6, SMKN 7, dan SMKN 11. Masing-masing langsung ambil naskah yang dikirim ke sub rayon, tidak harus urutan sekolah, tapi berdasarkan sekolah yang datang lebih dulu,” papar Sutarto.

Proses pendistribusian naskah soal saat ini masih dihitung masing-masing sub rayon agar esok hari bisa dibawa ke sub rayon yang telah ditentukan.

“Sore ini, petugas sedang mengecek dari masing-masing sub rayon dari sub rayon 03 dengan pusat SMAN 6 Semarang. Atas kelengkapan naskah soal, semua petugas adalah kepala sekolah. Tiap sekolah mengambil di sub rayon. Untuk dibawa secara keseluruhan dan baru bisa diambil hari Seninnya sekitar jam setengah 6 pagi,” jelas Iman Subekti., M.Pd selaku petugas sub rayon sekaligus Kepala Sekolah SMA Krista Mitra Semarang saat diwawancarai disela-sela pengecekan, Sabtu (2/4) sore.

Sedangkan untuk pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) atau (Computer Based Test, CBT) diantaranya ada dari SMAN 1, SMAN 3, SMAN 5, SMAN 8, SMA Semesta, SMA Nasima dan SMA Bina Bangsa. Pun untuk SMK, ada dari SMKN 2, SMKN 3, SMKN 7, SMKN 8, SMKN 11, SMK Texmaco, SMK IPT Kr. Panas, SMK Bagimu Negeriku, SMK Terang Bangsa dan SMK Teuku Umar.

Adapun jadwal pelaksanaan Ujian Nasional SMA Paper Based Test (PBT) dari tanggal 4-6 April 2016 (selama 3 hari dan tiap harinya 2 mapel). Begitupun SMK Paper Based Test (PBT) dari tanggal 4-7 April 2016.

Sementara jadwal pelaksanaan Ujian Nasional SMA Computer Based Test (CBT) dari tanggal 4-7 April 2016 dilanjutkan tanggal 11-12 (1 hari 1 mapel). Begitupun untuk pelaksanaan Ujian Nasional SMK Computer Based Test (CBT), yaitu tanggal 4-7 April 2016 (total ada 4 mapel). Hal ini disampaikan Drs. Sutarto., MM saat ditemui di ruangannya Sabtu (2/4) sore. (BJT01)