Home News Update Disdik Himbau Pelajar Gunakan BRT Trans Semarang

Disdik Himbau Pelajar Gunakan BRT Trans Semarang

622
Kepala Dinas Pendidikan Kota Semarang, Bunyamin.
Kepala Dinas Pendidikan Kota Semarang, Bunyamin.
Kepala Dinas Pendidikan Kota Semarang, Bunyamin.

Semarang, 21/8 (BeritaJateng.net) – Dinas Pendidikan Kota Semarang mengimbau kalangan pelajar untuk menggunakan moda transportasi massal Bus Rapid Transit (BRT) Trans Semarang saat berangkat dan pulang sekolah.

“Kami mengimbau anak-anak (siswa, red.), terutama yang belum memiliki surat izin mengemudi (SIM) untuk menggunakan BRT Trans Semarang,” kata Kepala Disdik Kota Semarang Bunyamin di Semarang.

Hal itu diungkapkannya menanggapi cukup banyaknya kendaraan siswa yang diparkir di luar sekolah, seperti di depan Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1, SMK Negeri 4, dan SMK Negeri 8 Semarang.

Bunyamin mengatakan sekolah-sekolah harus melakukan pengecekan terhadap kepemilikan SIM para siswanya yang membawa kendaraan bermotor, baik sepeda motor maupun mobil ke sekolah secara menyeluruh.

“Kami akan sampaikan kepada kepala-kepala sekolah untuk lakukan ‘checking’ kepemilikan SIM siswa-siswanya secara menyeluruh. Kalau tidak punya SIM, tidak boleh bawa kendaraan ke sekolah,” katanya.

Menurut dia, Pemerintah Kota Semarang juga sudah menyediakan moda transportasi massal BRT Trans Semarang yang semestinya bisa dioptimalkan oleh kalangan pelajar untuk berangkat atau pulang sekolah.

“Trans Semarang ini kan digunakan secara optimal oleh pelajar. Kalau yang belum punya SIM jangan naik sepeda motor ke sekolah, lebih baik naik Trans Semarang atau bisa diantar orang tuanya,” katanya.

Disdik, kata Bunyamin, hanya berwenang mengawal proses pendidikan di sekolah, sementara untuk pelanggaran lalu lintas dan parkir merupakan ranah instansi lainnya sehingga perlu adanya koordinasi.

“Ya, kami kan belum tahu apakah kendaraan yang parkir di situ milik siswa. Makanya, kami segera meminta kepala sekolah melakukan ‘checking’ terhadap siswanya yang membawa kendaraan ke sekolah,” pungkasnya. (Bj05)

Advertisements