Home Lintas Jateng Disbudpar Siapkan Perayaan Tahun Baru di Titik Nol Kilometer

Disbudpar Siapkan Perayaan Tahun Baru di Titik Nol Kilometer

645

Semarang, 23/12 (BeritaJateng.net) – Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Semarang berencana menggelar event akbar perayaan Tahun Baru 2016 di Titik Nol Kilometer atau tepatnya berada didepan Kantor Pos Besar Johar Semarang.

“Kami siapkan event-event menarik dan hiburan pada perayaan Natal dan Tahun Baru 2016 mendatang. Ketentuan-ketentuan acara menyangkut kegiatan, pengamanan dan lokasi telah kami koordinasikan. Puncaknya pada perayaan tahun baru pada 31 Desember malam akan ada event di Titik Nol Kilometer kota Semarang termasuk perayaan kembang api sekaligus akan ada Launching Kota Lama oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo,” ujar Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Semarang Masdiana Safitri.

Menurutnya penentuan Titik Nol Kilometer kota Semarang sebagai lokasi perayaan Tahun Baru mengingat semua kegiatan malam tahun baru kali ini tidak diperkenankan menggunakan Kawasan Simpanglima untuk acara hiburan, hal ini sengaja dilakukan karena khawatir akan rusak kembali setelah diperbaiki.

“Selain menggelar event di Titik Nol Kilometer dengan berbagai ragam hiburan dan destinasi wisata, kami juga akan mengundang beberapa komunitas musik untuk meramaikan acara di malam tahun baru mulai dari sore sampai malam hari,” ungkap Masdiana usai acara Dialog Bareng Media dan Disbudpar Kota Semarang di Water Blaster Jalan Bukit Candi Golf 1 Semarang, Selasa (22/12).

Yang membedakan perayaan malam tahun baru dengan tahun-tahun sebelumnya, menurut Masdiana, adalah beragam hiburan yang lebih menarik dan keterlibatan komunitas-komunitas dalam event tersebut.

Pihaknya juga menyiapkan pesta kembang api di PRPP Semarang pada perayaan malam tahun Baru 2016. Tak hanya di PRPP, Pesta kembang api juga dilakukan di Titik Nol Kilometer, namun tidak sebesar di Marina.

“Kami minta kepada pengelola hotel dan tempat hiburan serta tempat wisata di Kota Semarang untuk saling memahami dan bekerjasama dalam melayani wisatawan yang datang baik dari luar negeri maupun domestik yang berlibur di Kota Semarang. Faktor keamanan adalah hal yang terpenting untuk menyambut wisatawan, karena kalau tidak aman maka mereka tidak akan mau lagi berkunjung ke Semarang,” papar dia.

Sebagai antisipasi kemacetan pada malam tahun baru yang menjadi perhatian adalah seperti tempat parkir di pusat keramaian, pusat jajanan dan oleh-oleh di Jalan Pandanaran, maupun destinasi wisata Lawang Sewu diharapkan diperbaiki oleh dinas terkait. Hal ini untuk memberikan rasa nyaman pada pengunjung yang membeli oleh-oleh saat berlibur ke Semarang.

waterblaster3

Sementara itu Nina, Divisi Marketing Water Blaster Semarang mengatakan, menyambut Liburan Natal dan Tahun Baru, pihaknya menggelar rangkaian berbagai acara yang dimulai dari tanggal 23 Desember-3 Januari. Yakni dengan memberikan suguhan acara menarik yang bertajuk “Blaster Fantastic”, diantaranya fun games, festival salju, dan puncak acara dengan menggelar pesta kembang api serta penampilan marching band dari Arhanudse pada tanggal 1 Januari.

“Dan acara ini (pesta kembang api dan marching band-red) dimulai dari pukul 18.00 wib,” paparnya. (Bj)