Home Headline Diprediksi Angka Kebencanaan akan Naik di 2018, Namun Anggaran Penanggulangan Bencana Justru...

Diprediksi Angka Kebencanaan akan Naik di 2018, Namun Anggaran Penanggulangan Bencana Justru Turun

921
0

Semarang, 10/01 (Beritajateng.net) – Pada tahun 2018 ini, akan dilaksanakan Pilkada serentak. Ternyata pelaksanaan Pilkada serentak di sekitar 171 kabupaten dan kota di Indonesia ini juga turut mempengaruhi operasional penanggulangan kebencanaan. Hal ini disampaikan Kepala Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNBP), Sutopo Purwo Nugroho, saaat melaksanakan acara Media Gathering Refleksi Penanggulangan Bencana 2017 dan Antisipasi Bencana 2018 di Semarang (09/01).

Menurut Sutopo, bencana sudah pasti akan terjadi dan diprediksi pada tahun 2018 tingkat kebencanaan akan meningkat, baik dalam skala besar maupun kecil. Sayangnya anggaran yang diturunkan untuk penanggulangan bencana kepada BNBP, tahun ini turun. Dimana pada tahun 2017 anggaran berkisar pada angka Rp.1,2 Trilyun, sedangkan pada tahun 2018 justru menjadi sekitar Rp 700 juta.”Anggarannya yang turun, padahal trend kebencanaan naik terus. Kami perkirakan pada tahun 2018 ini akan naik,” jelas Sutopo (09/01)
Hal ini, tambah Sutopo, sudah tentu akan sangat berpengaruh pada operasional instansi kebencanaan, sepertiBNBP dan tingkat BPBD, di daerah daerah. Penurunan angka anggaran ini dikarenakan pergeseran dana yang digunakan untuk biaya pilkada serentak yang dilaksanakan pada atahun 2018 ini. Untuk itu pihak BNBP sesegera mungkin melakukan langkah langkah antisipasi untuk menjaga pergerakan penanggulangan bencana jika dibutuhkan. (NG/BJ)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here