Home News Update Dinpora Demak Gelar Pelatihan Jurnalistik

Dinpora Demak Gelar Pelatihan Jurnalistik

63
0
Dinpora Demak Gelar Pelatihan Jurnalistik

Demak, 12/9 (BeritaJateng.net) – Dinas Pemuda dan Olah Raga Kabupaten Demak menggelar Pelatihan Kewirausahaan bagi Pemuda yang dikemas dalam bentuk pelatihan jurnalistik.

Pelatihan jurnalistik untuk pelajar ini, diikuti oleh puluhan siswa yang terdiri dari SMA, SMK dan MA se Kabupaten Demak.

Acara berlangsung di SMKN 1 Demak dengan menghadirkan sejumlah narasumber yakni Hasan Hamid (Wartawan Suara Merdeka), Sapto Sari Djati (Wartawan Wawasan) dan Ari Widodo (Wartawan Kompas.com).

Selama dua hari , para peserta mendapatakan materi pengenalan jurnalistik dasar, jurnalistik online , tips dan triks jurnalistik, penggalian data dan wawancara, menulis berita dan future.

Peserta terlihat serius dan sungguh sungguh menyerap ilmu dari para pemateri. Mereka antusias saat narasumber memberikan materinya.

Bukan hanya teori, peserta juga langsung praktek menulis berita maupun future.

Muhtar Lutfi, Kepala Dinas Pemuda dan Olah Raga Kabupaten Demak dalam sambutannya menyatakan bahwa siswa yang datang di acara ini adalah pilihan dari sekolahnya masing masing.

“Diikuti dengan ikhlas, tak usah ragu ragu mengikuti pelatihan ini, akan dapat ilmu lebih dari teman teman lain karena kalian merupakan pilihan,” kata Luthfi.

Kabid Pemuda dan Kepramukaan, Dinas Pemuda dan Olah Raga Kabupaten Demak , Joko Sari, menambahkan, pelatihan jurnalistik dilaksanakan tanggal 11- 12 September 2017 mulai pukul 7.30 – 15.30, peserta perwakilan pelajar SMA SMK dan MA sebanyak 50 siswa.

“Kegiatan ini adalah untuk membekali anak – anak menulis, wawancara dan fotografi,” kata Joko Sari.

Ia berharap pelatihan akan diikuti dengan out put unggulan yang nyata dan berkualitas.

“Saya berharap mudah mudahan dapat ditindaklanjuti dengan pembentukan forum jurnalis pelajar,” imbuhnya.

Sementara itu Hasan Hamid yang juga ketua PWI Demak mengatakan bahwa wartawan itu harus peka terhadap segala sesuatu yang ada di sekelilingnya serta memiliki rasa ingin tahu.

“Wartawan harus kritis melihat sekitarnya. Wartawan juga harus peka, bukan pekok,” ujarnya.

Para peserta tetap bersemangat mengikuti kegiatan sejak pagi hingga sore. Seperti ungkapan Fauzi Nur Hamzah (16) Siswa kelas XI SMAN 1 Dempet. Menurutnya, Pelatihan ini menambah wawasan untuk generasi muda.

“Ilmunya nanti akan dibagi kepada kawan kawan di sekolah. Nanti akan difasilitasi oleh pihak sekolah,” ungkap Fauzi yang sehari hari di sekolahnya mengenakan peci ber pin garuda ini.

Senada dengan Fauzi, Sinta Dhika Armala (15) kelas X PSTV 1, SMK N 1 Demak juga mengapresiasi pelaksanaan pelatihan jurnalistik untuk pemuda ini.

“Asyik ni pelatihannya. Ada seriusnya, teori dan praktik sudah enak,” kata dara kelahiran Lamongan ini.

Kedua peserta tersebut sepakat menyatakan bahwa pelatihan ini sudah bagus karena memotivasi para pemuda untuk mau memberikan laporan secara tertulis. (BJ/EL)