Home News Update Dinkes Sleman Giatkan Pemantauan Jentik Antisipasi DBD

Dinkes Sleman Giatkan Pemantauan Jentik Antisipasi DBD

Ilustrasi
Ilustrasi
Ilustrasi

Sleman, 12/2 (BeritaJateng.net) – Dinas Kesehatan Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta menggiatkan pemantauan jentik dan pemberantasan sarang nyamuk secara berkala sebagai antisipasi peningkatan kasus demam berdarah dengue.

Monitoring jentik yang dilakukan Kamis, bekerja sama dengan Panitia Bakti Sosial Polri Peduli Polda DIY dalam bentuk pengasapan (fogging) dan pemberantasan sarang nyamuk (PSN) di Padukuhan Temanggal II Purwomartani, Kalasan, Sleman.

Kegiatan tersebut dipimpin Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sleman Mafilindati Nuraini dengan melibatkan personel gabungan berbagai instansi seperti Dinas Kesehatan Kabupaten Sleman, Polda DIY, Polres Sleman, dan masyarakat setempat.

“Pemantauan tersebut terasa berbeda dari biasanya, karena dihadiri Kapolres Sleman AKBP Faried Zulkarnaen,” kata Mafilindati.

Selain dilakukan “fogging”, Kapolres Sleman juga memberikan bantuan secara simbolis berupa “larvasida” untuk membunuh larva nyamuk kepada masyarakat Temanggal II.

Bantuan diterima langsung kepala dukuh setempat Ngadiyono.

Sedangkan saat dilakukan pemantauan Jentik di Padukuhan Temanggal II dengan mengambil 63 rumah, masih didapati jentik pada tempat air/bak mandi maupun tempat air lainnya di 15 rumah.

“Ini menunjukkan Angka Bebas Jentik (ABJ) masih 76 persen, padahal targetnya 95 persen,” katanya.

Pada kesempatan itu, Mafilindati maupun Faried mengajak masyarakat untuk selalu meningkatkan kewaspadaan terhadap DBD.

“Upaya tersebut bisa dilakukan dengan 3M yaitu menutup, mengubur, dan menguras. Di samping itu juga dilakukan dengan menguras baik bak mandi maupun tempat air dua kali seminggu,” kata Mafilindati.

Ia mengatakan, kerja sama dengan kepolisian perlu ditingkatkan lagi di masa mendatang, bukan saja dibidang kesehatan saja, tetapi juga dibidang lain terutama menyangkut kepentingan masyarakat.

Faried mengatakan, bakti sosial tersebut dalam rangka kepedulian terhadap masyarakat agar tidak terjangkit penyakit terutama DBD.

“Polres Sleman siap bekerja sama denga dinas terkait dalam pemberantasan penyakit termasuk kegiatan lain yang positif,” katanya.

Hadir pula pada kesempatan tersebut antara lain Kasubdit Bimas Polda DIY AKBP Dwi Astuti dan para Kasat Polres Sleman. (ant/BJ)