Home Headline Dinkes Semarang Diminta Lakukan Skrining Tes PCR Rutin

Dinkes Semarang Diminta Lakukan Skrining Tes PCR Rutin

Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi.

SEMARANG, 28/9 (BeritaJateng.net) – Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi meminta Dinas Kesehatan melakukan skrining Covid-19 melalui tes PCR secara rutin. Hal itu menyusul ditemukannya kasus Covid-19 di sekolah yang terjadi di sejumlah daerah.

Hendi, sapaannya, juga mengingatkan Dinas Pendidikan untuk melakukan evaluasi secara rutin terkait penyelenggaraan pembelajaran tatap muka (PTM).

“Ini harus terus dilakukan evaluasi. PCR rutin supaya tidak terjadi hal-hal seperti di daerah lain. Jadi, saya ingatkan teman-teman Disdik dan Dinkes untuk rutin melakukan evaluasi,” tegasnya, Senin (27/9).

Dia menyebutkan, ada tiga sekolah dasar di Kota Semarang yang ditemukan kasus Covid-19. Namun, itu tidak menjadi klaster sekolah karena has tracing tidak jumpai adanya kontak erat yanh terpapar Covid-19.

“Kemarin ada laporan tiga SD yang kedapatan siswanya satu orang, guru satu. Ini dilakujan langkah preventif debgan memberhentikan PTM dan nelakukan tracing. Alhamdulillah, bukan klaster sekolah,” ucapnya.

Menurut Hendi, penularan dimungkinkan terjadi di luar aktivitas sekolah. Saat itu, PTM pun diberhentikan sementara dan kini sudah kambali berjalan.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kota Semarang, Moh Abdul Hakam mengatakan, skrining Covid-19 akan terus dilakukan untuk meminimalisir terjadinya kasus mengingat saat ini hampir seluruh sektor sudah kembali dibuka. Sebagian besar masyarakat sudah beraktivitas seperti semula. Sehingga, penularan perlu diwaspadai.

“Lebih baik kami melakukan preventif dari pada yang tertular banyak, walaupun sifatnya random. Skrining akan terus dilakukan. Minggu kemarin sekolah, pasar, sekarang perkantoran. Ini siklusnya muter terus,” terangnya. (Ak/El)

Advertisements