Home Ekbis Dibekukan, AirAsia Siap Evaluasi Kinerja

Dibekukan, AirAsia Siap Evaluasi Kinerja

image
AirAsia

Surabaya, 3/1 (Beritajateng.net) – Maskapai penerbangan AirAsia siap melakukan evaluasi kinerja perusahaan setelah menerima pembekukan izin rute Surabaya-Singapura dari Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan.

“Terkait dengan pembekuan, kami sedang melakukan rapat evaluasi, dan kami tidak bisa berkomentar banyak sebelum ada hasil evaluasi dari internal perusahaan,” kata Presiden Direktur AirAsia Indonesia Sunu Widiyatmoko, dalam keterangan pers AirAsia di Surabaya, Sabtu.

Sunu tidak mau menjelaskan langkah-langkah yang akan diambil perusahaannya terkait dengan pembekuan, namun pihaknya mengaku akan terus berkoordinasi dengan Kementerian Perhubungan terkait masalah tersebut.

Sebelumnya, pembekuan sementara penerbangan AirAsia Surabaya-Singapura tertuang dalam Surat Direktur Jenderal Perhubungan Udara No. AU 008/1/1/DRJU-DAU-2015 tanggal 2 Januari 2015.

Kepala Pusat Komunikasi Publik Kemenhub JA Barata dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, mengatakan pembekuan sementara rute itu berlaku hingga keluarnya hasil evaluasi dan investigasi atas jatuhnya pesawat Airasia QZ 8501 pada Minggu 28 Desember 2014.

“Hal yang melatarbelakangi pembekuan izin rute Indonesia AirAsia tersebut adalah karena PT Indonesia AirAsia telah melakukan pelanggaran persetujuan rute yang diberikan,” katanya.

Dia menjelaskan pada Surat Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Nomor AU.008/30/6/DRJU.DAU-2014 tanggal 24 Oktober 2014 perihal Izin Penerbangan Luar Negeri Periode Winter 2014/2015, bahwa rute Surabaya-Singapura pp yang diberikan kepada AirAsia adalah sesuai dengan jadwal penerbangan pada hari Senin, Selasa, Kamis dan Sabtu.

Namun, pada pelaksanaannya penerbangan PT Indonesia AirAsia rute Surabaya-Singapura juga dilaksanakan di luar izin yang diberikan, yaitu antara lain pada hari Minggu.(ant/Bj02)