Home Ekbis Dinas Perdagangan Kota Semarang Bakal Bongkar Pasar Wonodri Jumat Besok

Dinas Perdagangan Kota Semarang Bakal Bongkar Pasar Wonodri Jumat Besok

264
0
Kepala Dinas Perdagangan Kota Semarang Fajar Purwoto meninjau pasar-pasar tradisional di Semarang
         SEMARANG, 4/4 (BeritaJateng.net) – Dinas Perdagangan Kota Semarang memberikan batas waktu kepada para pedagang Pasar Wonodri untuk pindah ke area relokasi yang disediakan maksimal Rabu (4/4/2018) hari ini.
        Pasalnya, Dinas Perdagangan akan membongkar seluruh area Pasar Wonodri pada Jumat (6/4/2018) besok. Pembongkaran tersebut seiring akan dilakukan pembangunan Pasar Wonodri.
        Kepala Dinas Perdagangan Kota Semarang, Fajar Purwoto mengatakan, batas waktu yang diberikan telah disampaikan kepada para pedagang saat dilakukan sosialisasi pada akhir Maret lalu.
         “Jumat besok pasar Wonodri kami bongkar. Rabu ini, batas terakhir pedagang membongkar sendiri kiosnya dan memindahkan barang dagangan ke pasar relokasi,” kata Fajar, Rabu (4/4/2018).
        Fajar menyebutkan, ada sekitar 500 pedagang yang berjualan di Pasar Wonodri yang terletak di Kelurahan Wonodri, Kecamatan Semarang Selatan. Jumlah tersebut meliputi pedagang yang berjualan di dalam pasar maupun di luar pasar atau yang disebut pedagang pancakan.
        Saat ini, proyek pembangunan Pasar Wonodri senilai Rp 24 miliar telah selesai dilelangkan. Sehingga pembangunan akan segera dimulai dalam waktu dekat ini.
         “Diharapkan proses relokasi dapat berlangsung cepat dan lancar. Bila pedagang tidak segera pindah, maka proses pembangunan Pasar Wonodri Baru akan terganggu karena pemenang lelangnya sudah ada,” ujarnya.
         Fajar mengungkapkan, lapak pedagang di area relokasi yang berada di Jalan Wonodri Raya telah jadi secara keseluruhan. Lapak sementara tersebut berjumlah 210 unit, dengan luasan 1,5 x 1,5 meter.
         Jika pekerjaan sudah dilakukan mulai Mei, diharapkan pada Desember mendatang pekerjaan sudah selesai. Selanjutnya Januari 2019 semua pedagang termasuk pedagang yang ada di Jalan Wonodri Baru dapat menempati pasar yang baru.
         “Pasar Wonodri yang baru nantinya dibangun tiga lantai, dengan dua lantai untuk pedagang dan lantai atas untuk aula dan kantor kepala pasar. Jadi nanti tidak ada lagi pedagang yang di pinggir jalan Wonodri ini, semuanya bersih dan wajib masuk pasar,” tegasnya. (El)