Home Lintas Jateng Dinas Perdagangan Bantah Proyek Pasar Semarang Tak Sesuai Target 

Dinas Perdagangan Bantah Proyek Pasar Semarang Tak Sesuai Target 

854
Kepala Dinas Perdagangan Kota Semarang Fajar Purwoto meninjau pasar-pasar tradisional di Semarang
         Semarang, 20/12 (BeritaJateng.net) – Kepala Dinas Perdagangan Kota Semarang Fajar Purwoto mengklaim dari pekerjaan fisik pembangunan pasar, saat ini mencapai hampir 100 persen. Hanya saja yang menjadi perhatian serius Dinas Perdagangan yakni pembangunan Pasar Johar baru dibekas Kanjengan yang akan dikomunikasikan ke Kementerian Perdagangan untuk perpanjangan waktu kontrak dengan denda.
          Kepala Dinas Perdagangan Kota Semarang, Fajar Purwoto saat ditemui hari ini menjelaskan rata-rata proyek yang dikerjakan dinas perdagangan selesai pada tanggal 26 Desember nanti. Sehingga dengan waktu yang ada ini, Ia optimis mampu menyelesaikan semua pekerjaan fisik revitalisasi pasar.
           Menurutnya, Dinas Perdagangan Kota Semarang di tahun 2017 ini memiliki 7 pekerjaan fisik revitalisasi pasar diantaranya melalui APBD Murni pemerintah Kota Semarang mengerjakan 5 Pasar dan dua pembangunan pasar dibantu anggaran dari pemerintah Pusat melalui Kementerian Perdagangan.
           “Pembangunan pasar yang dikerjakan diantaranya Revitalisasi Pasar Simongan dan Pasar Johar Baru bekas kompleks Kanjengan, Pasar Relokasi Johar tahap Kedua di MAJT, Pasar Waru, dan Pasar Klitikan yang akan digunakan untuk relokasi PKL Barito. Dari pembangunan pasar ini, Pasar Simongan dan Pasar Johar Baru memang yang menjadi fokus perhatian dinas Perdagangan lantaran pengerjaannya yang mepet karena penyerahan dana yang turun dibulan September hingga proses lelang pasar Simongan yang gagal dua kali dan saat ini progressnya baru mencapai 60 persen,” kata Fajar.
           Lebih lanjut, terkait dengan rencana kerja tahun 2018 nanti, Fajar mengungkapkan akan lebih fokus pada pembangunan lanjutan pasar Johar baru tahap kedua dengan pembangunan lantai 3 dan 4 melalui pengajuan ke Kementerian Perdagangan.
           Selain itu, lanjut Fajar, rencana pemindahan pedagang Pasar Yaik ke Pasar Johar relokasi tahap kedua ditargetkan juga dapat terlaksana pada bulan Januari tahun 2018.
            Menurutnya proyek revitalisasi Johar secara menyeluruh ini terus dikebut Pemerintah Kota sehingga target selesai pada tahun 2020 terealisasi. (El)
Advertisements