Home DPRD Kota Semarang Dinas Pasar Usulkan Anggaran Antisipasi Kebakaran Pasar ke DPRD Kota Semarang 

Dinas Pasar Usulkan Anggaran Antisipasi Kebakaran Pasar ke DPRD Kota Semarang 

Ilustrasi
Ilustrasi
Ilustrasi

Semarang, 6/10 (BeritaJateng.net) – Menekan angka kejadian kebakaran di sejumlah pasar tradisional, Dinas Pasar Kota Semarang mengusulkan anggaran rencana antisipasi kebakaran di pasar ke Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Semarang lewat APBD Perubahan 2015.

Kepala Dinas pasar kota Semarang Trijoto Sardjoko menyebutkan, dianggaran perubahan ini, pihaknya fokus dalam upaya mengantisipasi terjadinya kebakaran dipasar akibat hal teknis seperti konsleting listrik yang membakar pasar johar.

“Prioritas ini seperti pelatihan penanggulangan kebakaran bagi para pedagang dan PKL, pembenahan instalasi listrik dan perbaikan Hydrant di pasar tradisional,” ujarnya, Senin.

Terkait dengan besaran anggaran yang akan digunakan, saat ini pihaknya belum dapat menyebutkan nilai karena sedang melakukan penyusunan dan penghitungan anggaran yang akan di ajukan ke dewan untuk disetujui.

Sementara itu, anggota komisi B DPRD kota Semarang, Hanik Khoiru Sholikah menyatakan sangat mendukung dengan rencana komisi B selaku patner Dinas Pasar, dalam sisi penganggaran.

Menurutnya, sejumlah pasar tradisional memiliki permasalahan yang sama yakni terkait dengan instalasi listrik yang tidak sesuai aturan.

“Dari 44 pasar, hanya sebagian kecil pasar tradisional yang telah direvitalisasi, sebagian besar lainnya masih belum tersentuh, padahal instalasi listrik yang ada rentan terjadi konsleting,” ungkap Poltisi PDI Perjuangan ini.

Hanik juga menyayangkan sikap para pedagang yang minim akan kesadaran bahaya instalasi listrik, karena dapat memicu kebakaran yang dampaknya merugikan pedagang.

Saat ini, lanjutnya, Komisi B sedang menunggu naskah akademik dan kajian, apabila tidak dapat dilaksanakan ditahun ini rencana antisipasi kebakaran juga dapat diajukan kembali dinas pasar di anggaran murni 2016 nanti. (Bj05)