Home Headline Dila, Bocah Penderita Lupus Bersyukur Dapat Berobat Gratis Lewat KIS

Dila, Bocah Penderita Lupus Bersyukur Dapat Berobat Gratis Lewat KIS

332
0
Hevearita Gunaryanti Rahayu Kader PDI Perjuangan berfoto bersama Dila, bocah penderita penyakit Lupus yang memperoleh bantuan pengobatan gratis lewat KIS.

Semarang, 1/4 (BeritaJateng.net) – Dila Natalia, bocah penderita Lupus tampak riang bertemu Hevearita Gunaryanti Rahayu saat melakukan sosialisasi kampanye Paslon No. urut 01 Jokowi-Ma’ruf.

Dila yang ditemani sang Ibu Bugi Budi Lestari (43) kini bisa bernapas lega pasalnya biaya pengobatannya dipermudah pemerintah lewat Kartu Indonesia Sehat (KIS) yang merupakan program Kesehatan Presiden Joko Widodo untuk rakyat kurang mampu.

“Kartu Indonesia Sehat sangat bermanfaat sekali. Membantu pengobatan anak saya. Gratis,” kata ibunda Dila.

Menurutnya, sebelum era kepemimpinan Jokowi, pengajuan bantuan pengobatan dan permohonan bantuan kursi roda untuk anak semata wayangnya Dila yang terkena penyakit Lupus selalu dipersulit. “Sekarang Alhamdulillah sekarang dipermudah. Saya dibantu pemerintah lewat KIS, dari Gubernur Jateng Ganjar Pranowo dikasih kursi roda, dari Pemkot Semarang dibantu Ambulan hebat. Senang sekali sama programnya pak Jokowi,” terang Bugi Budi Lestari.

Bugi mengaku, bantuan untuknya yang merupakan warga kurang mampu tak berhenti sampai disitu. Ia yang dulunya berjualan mainan keliling kini dibantu pemerintah dan dibuatkan usaha agar mandiri.

“Dari Pemkot Semarang dan Pemprov Jateng dipermudah. Dibikinkan usaha dari pak Ganjar. Sekarang ndak usah keliling jualan mainan. Karena sekarang punya usaha jualan es juss, jualan mainan anak-anak dan peralatan sekolah di rumah,” kata Bugi.

Bugi yang merupakan single parent ini bercerita jika beban hidupnya lambat laun mulai berkurang dan bisa hidup mandiri bersama putrinya berkat bantuan pemerintah. “Dulu mau ngajuin pengobatan susah, sekarang lewat Kartu Indonesia Sehat (KIS) bisa periksa di Rumah Sakit dr. Kariadi rutin,” imbuhnya.

Sementara itu, Hevearita Gunaryanti Rahayu, Kader Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) ini mengaku setelah melakukan blusukan di beberapa wilayah, ia bisa menemukan banyak warga masyarakat yang terbantu dengan program Presiden Joko Widodo.

“Contohnya ibu Bugi Budi Lestari ini, tadi setelah blusukan di wilayah Bugangan Semarang, ibu Bugi justru menangis mengutarakan ke saya kalau terharu dengan kinerja pak Jokowi, karena berkat pak Jokowi ia bisa merasakan pengobatan gratis bagi putrinya yang menderita penyakit Lupus melalui Kartu Indonesia Sehat,” terang Mbak Ita sapaan akrabnya, Minggu.

Ita yang juga merupakan Wakil Wali Kota Semarang menyebut, kolaborasi antara Pemerintah pusat, provinsi dan kota Semarang sangat berarti bagi masyarakat.

“Dari Dila ini kita mengerti, pemerintah lewat KIS sangat membantu pengobatan, dari pemprov Jateng membantu kursi roda, dari Pemkot Semarang membantu ambulan hebat. Ini adalah kolaborasi dan integrasi pemerintah untuk membantu masyarakat kurang mampu yang membutuhkan pengobatan. Ini adalah salah satu contoh kecil, tetapi sebenarnya banyak ditemukan di Kota Semarang karena kehebatan dari bapak Joko Widodo,” imbuh Ita. (El)