Home Lintas Jateng Diguyur Hujan Semalam Suntuk, Semarang Dikepung Banjir

Diguyur Hujan Semalam Suntuk, Semarang Dikepung Banjir

Semarang, 4/1 (BeritaJateng.net) – Fenomena banjir dan rob masih menghantui warga masyarakat kota Semarang terlebih saat musim hujan seperti sekarang ini. Seperti yang dialami Muh Basir warga Batursari Kelurahan Sawah Besar Kecamatan Gayamsari Semarang.

Akibat hujan deras yang mengguyur kota Semarang, Minggu (3/1) malam membuat air sungai banjir kanal timur meluber dan menyebabkan banjir di beberapa tempat.

“Warga selalu resah ketika hujan deras turun, karena sungai Banjir Kanal Timur pasti naik sampai 40 entimeter bahkan airnya sampai meluber dan menyebabkan banjir. Warga saat hujan selalu dilingkupi perasaan was-was dan siap-siap mengungsi,” ujar Basir.

IMG-20160104-WA0005

Sendimentasi tanah di bibir sungai sudah sangat parah, pemerintah diminta segera melakukan normalisasi dan pengerukan sungai banjir kanal timur. “Setiap tahunnya selalu terjadi banjir, airnya selalu meluber, tanggul dikanan kiri sungai juga tidak pernah dibenahi. Kami mohon agaf tanggul ditinggikan dan segera dilakukan pengerukan sendimentasi sungai,” harapnya.

Ditempat terpisah, Lurah Sawah Besar, Purwoko telah melakukan langkah antisipasi banjir dengan melakukan koordinasi antar RT dan RW untuk melakukan pembersihan lingkungan dan saluran-saluran. “Kelurahan Sawah Besar sudah siap berkoordinasi dengan BPBD,” katanya.

Purwoko menghimbau kepada masyarakat untuk mewaspadai banjir dan melakukan langkah pengamanan terhadap barang berharga. “Untuk mengantisipasi adanya banjir, warga harus bersiap dengan mengamankan data, surat-surat penting diamankan agar tidak terendam karena dampaknya fatal,” imbuhnya.

Menurutnya, pihak kelurahan Sawah Besar termasuk dalam kelurahan siaga bencana. Kelurahan bekerjasama dengan BPBD menyiapkan tiga personil di setiap RTRW agar membantu warga mengevakuasi korban banjir.

12494757_10205046368990472_3229076003430659545_n

Tak hanya di Sawah besar, di kelurahan Panggung Lor juga terjadi banjir hingga selutut orang dewasa. Banjir terjadi di dua titik, di jalan Kuala Mas Raya dan jalan Tambak Mas Raya.

Sepanjang jalan raya Kaligawe juga mengalami banjir, sepeda motor yang melintasi jalan tersebut banyak yang mogok karena genangan air setinggi 30 centimeter di sepanjang jalan. Tak hanya itu, jalan Citarum, jalan Medoho dan jalan Supriyadi juga direndam banjir. (Bj)