Home Nasional Diguyur Hujan, Pawai Taaruf Tetap Meriah

Diguyur Hujan, Pawai Taaruf Tetap Meriah

— Musywil ke-47 Muhammadiyah dan Aisyiyah Jateng

KUDUS, 17/12 (BeritaJateng.net) – Hujan deras yang mengguyur Kota Kudus sejak pagi tak menyurutkan antusiasme warga dan ratusan peserta pawai taaruf menyambut Musyawarah Wilayah (Musywil) ke-47 Muhammadiyah dan Asyiyah Jawa Tengah.

Meski pawai taaruf dan mobil hias baru dimulai Kamis (17/12) sekitar pukul 15.00, warga sudah memadati Alun-alun sejak pukul 12.00.

“Saya kira tidak jadi karena hujan deras. Ternyata pawai mobil hias tetap jalan,” kata Nur Rahmad, warga Kudus.

Selain iring-iringan mobil hias dan devile dari organisasi otonom Muhamamdiyah di Kudus, warga juga disuguhi atraksi memukau kelompok pencak silat tapak suci dan barongsai Satya Dharma dari kelenteng Hok Hien Bio Kudus. Pawai taaruf dibuka Bupati Kudus Musthofa dan Ketua Pengurus Wilayah Muhammadiyah Jateng Musman Thalib. Hadir pula Ketua Pengurus Wilayah Aisyiyah Jateng Siti Taqiyah dan Ketua PD Muhammadiyah Kudus Achmad Hilal Madjdi.

Jajaran kepala SKPD di lingkungan Pemkab Kudus juga tak ingin melewatkan acara tersebut. Bupati Kudus Musthofa mengatakan, penyelenggaraan musyil Muhamamdiyah dan Aisyiyah yang digelar di Kudus ibarat kado istimewa selama masa pemerintahan.

pawai taaruf (2)

Terlebih ia juga bisa “bereuni” dengan kepala sekolah semasa ia bersekolah di SMA Muhammadiyah Kudus, yang kini menjabat ketua PWM Muhammadiyah Jateng Musman Thalib.

“Kehormatan bagi kami muswil digelar di Kudus. Muswyil ini juga mampu membangkitkan kebersamaan lintas agama, warga muhammadiyah dan nahdiyin,” katanya.

Peserta Musywil

Musthofa menambahkan, kebersamaan ini menandakan toleransi beragama yang diajarkan Sunan Kudus tetap terjaga.

“Toleransi dan saling menghormati dalam beragama penting diamalkan untuk menjaga kondusifitas,” katanya.

Ketua PDM Kudus Achmad Hilal Madjdi pawai taaruf menjadi penanda dimulainya puncak acara musywil Muhamamdiyah dan Aisyiyah yang baru kali pertama di gelar di Kudus. Musywil akan dihadiri sekitar 1.700 peserta Musywil Muhamamdiyah dan 317 peserta Musywil Aisyiyah.

Mereka dijadwalkan sudah tiba di Kudus, Jumat (18/12). Mereka akan mengikuti soft opening dan agenda persidangan, sebelum mengikuti pembukaan Muswil di Alun-alun Kota Kudus, besok (Sabtu, 19/12). Ribuan penggembira dari 35 kabupaten/kota juga diperkirakan akan menyerbu Kota Kretek. (BJ)