Home Lintas Jateng Diduga Politis, Wali Kota Solo Mutasi Jabatan

Diduga Politis, Wali Kota Solo Mutasi Jabatan

Walikota Solo FX. Rudy

Wali Kota Solo


Solo, 21/1 (BeritaJateng.net) –
Dalam waktu dekat Wali Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo akan melakukan mutasi besar-besaran pada masa akhir jabatannya.

Pasalnya sesuai aturan yang berlaku   mulai  28 Februari, Rudy tidak bisa lagi mengambil kebijakan strategis, termasuk mutasi pejabat, sampai akhir masa jabatannya  pada 28 Juli 2015 mendatang.

“Sesuai peraturan, 6 bulan menjelang habis masa jabatan, kepala daerah tidak diperkenankan mengambil kebijakan strategis, diantaranya mutasi pejabat,” ungkapnya dihadapan  wartawan di Solo Jawa Tengah, Rabu (21/1/2015).

Itu artinya ungkap Rudi, peraturan tersebut sebagai upaya menghindari permainan uang dalam mutasi pejabat menjelang akhir masa jabatan seorang kepala daerah. 

Rudi mengungkapkan rencana mutasi tersebut seharusnya sudah dilakukan bulan lalu. Karena terjadi musibah kebakaran yang melanda Pasar klewer terpaksa prosesnya ditunda. 

Bahkan penandatangan  Surat Keputusan (SK) mutasi pejabat eselon IV, sudah dilakukan sejak akhir tahun lalu.

“Karena kebakaran Pasar Klewer yang memerlukan penanganan cepat jadi pelaksanaannya sedikit tertunda,” jelas Rudi.

Mutasi ini, ungkap Rudi untuk mengisi  jabatan yang kosong  kosong pada  eselon IV.  Diantaranya adalah pengisian untuk posisi  lurah. Jabatan lurah tidak bisa  diserahkan pada pelaksana tugas (Plt) dalam waktu lama. Karena lurah merupakan ujung tombak level paling bawah.

“Jadi sebelum 28 Januari, seluruh pos lurah harus sudah terisi pejabat definitif,” pungkasnya. (BJ24)