Home Ekbis Di Semarang, Harga Bawang Merah Stabil di Harga Rp. 15 ribu 

Di Semarang, Harga Bawang Merah Stabil di Harga Rp. 15 ribu 

145
0
Di Semarang, Harga Bawang Merah Stabil di Harga Rp. 15 ribu 
           Semarang, 4/1 (BeritaJateng.net) – Harga barang merah di Pasar Johar saat ini, Kamis (04/01/2017) masih stabil di kisaran harga 14 sampai 15 ribu rupiah per kilo nya dengan kualitas super. Harga tersebut sudah berlaku sejak 3 minggu lalu, sedangkan faktor anjlognya harga bawang diakui para pedagang akibat dari Curah hujan tinggi dan Panen raya.
           Selain itu, untuk kualitas standar atau rata-rata dengan ukuran bawang merah yang sedang dihargai sekitar 7 hingga 10 ribu rupiah. Diakui beberapa pedagang saat ini, untuk bawang merah dari pertain banyak yang memiliki kualitas kurang bagus lantaran musim hujan.
           Namun demikian untuk stok barang saat ini masih mencukupi, terbukti dengan tidak adanya kelangkaan barang di pasaran.
           Sementara terkait dengan anjloknya harga jual dari para petani bawang merah ini menurut salah satu pedagang, Sulardi, lantaran di beberapa wilayah mengalami panen raya sehingga stok bawang merah melimpah dipasaran.
           “Faktor utama harga turun itu karena kualitasnya yang tidak semua Bawang merah bagus, ini karena cuaca hujan kalau sudah dipanen tidak bisa bertahan lama karena kondisi bawang merah kondisinya basah. Kalau pun lama di simpang dua sampai tiga hari akan busuk, apalagi kalau Bawang Merah asal Kab. Demak  tidak tahan lama sehari saja sudah keluar air,” katanya saat ditemui di tokonya.
          Menurut Sulardi petani bawang merah dari Kab. Brebes, enggan mengirimkan barangnya ke Semarang lantaran dinilai tidak sesuai dengan ongkos kirim dan besarnya biaya produksi.
          Para petani bawang merah ini justru dominan mengirimkan bawang merahnya ke Jakarta dan sekitarnya lantaran dihargai lebih mahal meski hanya terpaut Rp. 2ribu hingga Rp. 3 ribu saja perkilonya jika disbanding di jual di Kota Semarang.
          ini stok paling banyak dari Kab. Demak dan sekitaran Kota Semarang. Kalau Bawang Merah dari Kab. Brebes tidak banyak karena mereka tidak bisa menjual tinggi, meskipun kualitasnya dari sana (Brebes) bagus tapi ukurannya sedang, paling tinggi harganya Rp, 7 ribu,” jelasnya.
         Adapun distribusi bawang merah yang berada di pasar johar maupun di pasar pedamaran kota semarang ini kebanyakan dari wilayah Kab. Demak karena terdekat dari Kota Semarang. (Bj/El)