Dewan Minta Ruas Tol Bawen – Salatiga, Lebaran Difungsikan

Kondisi pembangunan tol.

SEMARANG, 28/3 (BeritaJateng.net) – Jalan Tol Semarang-Solo Ruas Bawen-Salatiga direncanakan bisa difungsikan pada arus mudik dan balik lebaran 2016 mendatang. Rencana ini dimaksudkan untuk mengurai kepadatan arus kendaraan yang terjadi di jalur Bawen-Salatiga maupun sebaliknya.

Anggota Komisi D DPRD Jawa Tengah Ikhwan mengungkapkan, progress pembangunan jalan tol ruas Bawen-Salatiga saat ini sudah berjalan dengan baik sudah tidak ada hambatan berarti. Oleh karena itu dia minta ruas tol tersebut bisa difungsikan lebaran mendatang.

Sebagaiman tahun tahun sebelumnya, Arus mudik dan balik selalu padat terutama setelah keluar tol Bawen dan sebelum masuk tol Bawen dari arah Salatiga. Ruas tol Bawen-Salatiga diharapkan bisa mengurai kemacetan tersebut.

“Pekerjaan yang paling berat di ruas tol tersebut adalah pembangunan jembatan Tuntang. Saat ini sudah hampir selesai tiang pancangnya. Pelaksana proyek menyanggupi sebelum lebaran jembatan itu sudah jadi,” ungkapnya saat dihubungi BeritaJateng.net.

Ditanya apakah infrastruktur jalan tol ruas Bawen-Salatiga sudah lengkap menjelang lebarang mendatang, Ikhwan mengatakan, pada lebaran mendatang ruas tol tersebut diperkirakan baru selesai dilakukan pengerasan dan belum dilakukan pembetonan maupun pengaspalan. Sehingga jalan tersebut akan berdebu ketika dilalui kendaraan.

“Kondisinya diperkirakan akan berdebu ketika dilalui kendaraan. Sehingga pengelola jalan tersebut harus sering menyiram air untuk mengurangi debu,” jelasnya.

Ikhwan menambahkan, pembangunan jalan tol ruas Bawen-Salatiga sesuai kontrak pekerjaan yang ada harus sudah selesai pada bulan November 2016 mendatang. Hal ini disebabkan lama pengerjaan adalah 13 bulan sejak kontrak dibuat pada bulan Oktober 2015. (BJ13)

Tulis Komentar Pertama