Home Ekbis Dewan Minta Pemerintah Jaga Stabilitas Harga Kebutuhan Pokok Jelang Lebaran

Dewan Minta Pemerintah Jaga Stabilitas Harga Kebutuhan Pokok Jelang Lebaran

24
0

SEMARANG, 12/6 (Beritajateng.net) – Kenaikan harga kebutuhan pokok menjelang datangnya hari besar keagamaan termasuk lebaran sudah menjadi tradisi dan selalu terjadi dari tahun ke tahun. Namun demikian kenaikan yang terlalu tinggi bisa memberatkan masyarakat dalam merayakan lebaran.

Wakil Ketua Komisi B DPRD Jawa Tengah Yudhi Sancoyo menyampaikan, Pemerintah Provinsi Jawa Tengah diminta terus melakukan upaya untuk menjaga stabilitas harga kebutuhan pokok terutama menjelang lebaran tahun 2017 mendatang.

“Lebaran adalah peristiwa yang rutin berlangsung setiap tahun, harusnya pemerintah sudah memiliki pola untuk mengatasi lonjakan harga kebutuhan pokok ini,” ungkapnya di Gedung Berlian, Jalan Pahlawan Semarang, Senin (12/6).

Menurut Yudhi, momen lebaran selalu dimanfaatkan oleh beberapa spekulan untuk mendapatkan keuntungan besar dengan menimbun barang serta memainkan harga di pasaran. Pola seperti ini sudah sering terjadi dan harus diantisipasi sejak dini.

Berdasarkan pantauan yang dilaksanakan Komisi B di beberapa pasar tradisional seperti Pekalongan, Ambarawa, Kendal, dan Ungaran, sampai saat ini harga bahan pokok masih terkendali dan belum ada lonjakan yang berarti. Kondisi ini diperkirakan karena saluran distribusinya lancar dan stok yang ada jumlahnya banyak, cukup untuk kebutuhan selama lebaran.

“Komisi B akan terus memantau pergerakan harga kebutuhan pokok di pasar pasar tradisional di Jawa Tengah,” bebernya.

Peran Bulog, tambah matan Bupati Blora ini, diharapkan selalu jeli dan bisa mengambil langkah strategis seperti melakukan pembelian kebutuhan pokok kepada petani dan melepasnya ketika terjadi lonjakan harga di pasaran.

“Bulog harus melakukan pembelian kebutuhan pokok, tidak hanya melakukan operasi pasar saja. OP menurut saya tidak banyak manfaatnya,” tegas Yudhi.

Disi lain, masyarakat diminta tidak melakukan aksi borong menjelang lebaran seperti sekarang ini. Berdasar pantauan yang dilakukan, stok yang ada saat ini sangat cukup bahkan bisa dibilang melimpah sehingga tidak perlu ada kekawatiran terjadi lonjakan harga yang tinggi.

(NK)