Home Headline Dewan Minta KPU Terapkan 3M Agar Pemilih Merasa Aman dan Nyaman ke...

Dewan Minta KPU Terapkan 3M Agar Pemilih Merasa Aman dan Nyaman ke TPS

213
Dialog interaktif bersama Ketua DPRD Kota Semarang.

SEMARANG, 14/10 (BeritaJateng.net) – Pilkada tahun ini adalah Pilkada yang harus disikapi secara khusus, mengingat dihelat ditengah kondisi Pandemi Covid-19, Kota Semarang dalam menyongsong Pilwalkot pada 9 Desember nanti tengah bersiap, hal itu juga menjadi perhatian serius bagi Kadar Lusman politisi PDI Perjuangan ini.

Ketua DPRD Kota Semarang yang akrab disapa Pilus ini meminta Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Semarang agar memperhatikan protokol kesehatan dan 3M saat gelaran Pilwakot Semarang 2020 dihelat.

Dalam acara dialog bersama Ketua KPU Hendry Cassandra Gultom, dan Ketua Bawaslu Muhammad Amin, Pilus meminta pemilih dan penyelenggara wajib mematuhi protokol kesehatan, wajib memakai masker, wajib mencuci tangan dengan sabun dan hand sanitizer serta wajib menjaga jarak.

“3M harus diterapkan. Kalau bisa, masyarakat benar-benar harus merasa aman mencoblos. KPU harus menyediakan tempat cuci tangan dan hand sanitizer, harus menata kursi yang berjarak agar tidak timbul kerumunan,” katanya.

Pilus menyampaikan pemerintah bersama legislatif dan seluruh pihak terus memastikan keamanan dan kenyamanan warga Kota Semarang saat Pilkada nanti, terutama kemanan dan kenyamanan di TPS. “Kami terus berupaya agar tidak tercipta cluster baru, dan masyarakat teteg hadir ke TPS,“ jelasnya.

Dalam Pilkada nanti KPU Kota Semarang telah memastikan prosedur kemananan dan kenyaman di TPS, mulai dari petugas dan pemilih yang akan hadir, mekanisme antrian, alat pencoblosan, termasuk memastikan petugas berstatus non-reaktif ketika akan bertugas.

Hal ini adalah upaya agar tidak ada kekhawatiran dan ketakukan dari Masyarkat dalam menyikapi Pilkada ditengah Pandemi. (El)