Home DPRD Kota Semarang Dewan Dorong Pembangunan Pasar Klithikan Tepat Waktu

Dewan Dorong Pembangunan Pasar Klithikan Tepat Waktu

432
Pasar klitikan

Semarang, 17/4 (BeritaJateng.net) – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Semarang, Jawa Tengah, mendorong kelanjutan pembangunan Pasar Klithikan Penggaron Semarang bisa dirampungkan tepat waktu.

“Kami berharap kontraktor yang menanganinya nanti bisa menyelesaikannya secara tepat waktu,” kata Ketua Komisi B DPRD Kota Semarang Agus Riyanto Slamet di Semarang.

Politikus Partai Keadilan Sejahtera (PKS) itu menegaskan kontraktor pelaksana proyek yang dianggarkan sekitar Rp15 miliar itu mengerjakan pembangunan Pasar Klithikan secara profesional.

Pembangunan Pasar Klithikan Penggaron Semarang yang rencananya untuk menampung para pedagang kaki lima (PKL) yang ada di beberapa titik sudah dilakukan beberapa tahun lalu, namun terhenti.

Selama beberapa tahun, kondisi pasar yang sudah sebagian terbangun itu mangkrak dan dibiarkan tanpa ada kelanjutan pembangunan sampai tahun ini yang dianggarkan untuk tahap penyempurnaannya.

Penyelesaian pembangunan Pasar Klithikan Penggaron, kata dia, berkaitan dengan kelangsungan rencana program lain di Kota Semarang, seperti normalisasi Sungai Banjir Kanal Timur (BKT).

Rencananya, ribuan PKL yang selama ini ada di bantaran Sungai BKT sebagian besar akan direlokasi ke Pasar Klithikan Penggaron sebelum dimulainya normalisasi sungai tersebut.

“Makanya, kami harap Pasar Klithikan Penggaron bisa selesai tepat waktu karena bisa mempelancar pembangunan di Kota Semarang, khususnya terkait normalisasi Sungai BKT,” pungkas Agus.

Sementara itu, Dinas Perdagangan Kota Semarang memastikan proyek pembangunan Pasar Klithikan Penggaron yang ada di wilayah Pedurungan, Semarang, bisa dirampungkan November 2017.

“Proyek pembangunan Pasar Klithikan Penggaron masih dalam proses lelang. Mei nanti diharapkan sudah ada pemenang lelangnya,” kata Kepala Dinas Perdagangan Kota Semarang Fajar Purwoto.

Ia menyebutkan Pasar Klithikan Penggaron yang luasannya mencapai lebih dari tig hektare diperkirakan bisa menampung sekitar 1.300 PKL yang selama ini berada di bantaran Sungai BKT.

“Anggaran untuk pembangunan tahap akhir Pasar Klithikan Penggaron sekitar Rp15 miliar. Ya, itu termasuk pemadatan lahan kosong untuk akses keluar masuk pasar tersebut,” katanya. (El)