Home Headline Detail Waktu Pilkada Tunggu Peratura KPU

Detail Waktu Pilkada Tunggu Peratura KPU

image
Ilustrasi

Bantul, 12/2 (Beritajateng.net) – Detail tentang waktu penyelenggaraan pemilihan kepala daerah ditetapkan melalui Peraturan Komisi Pemilihan Umum yang akan dikeluarkan pada tahun ini, kata Ketua KPU Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Muhammad Johan Komara.

“Di undang-undang (UU Pilkada) hanya menyebut tahun pelaksanaan, sedangkan detail hari dan tanggal pelaksanaan pilkada ditetapkan melalui Peraturan KPU yang mengatur teknis dan detail,” katanya di Bantul, Kamis.

Dia mengatakan draf Peraturan KPU mengenai tahapan penyelenggaraan pilkada yang lembaganya terima dari KPU RI beberapa waktu lalu, bahwa pesta demokrasi tersebut rencananya pada 16 Desember 2015.

Johan juga mengatakan mengenai tahapan pilkada memang diatur KPU pusat, karena dilaksanakan serentak. Setelah revisi UU ditetapkan, KPU RI baru bisa menetapkan Peraturan KPU yang salah satunya tentang jadwal, program, dan tahapan.

“Namun dinamikanya saat ini masih dalam proses revisi terbatas di Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI, dan hingga kini belum ada perkembangan terbaru, kami masih tunggu tangal 18 Februari nanti,” katanya.

Ia mengatakan dana Pilkada Bantul telah disetujui dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2015 sebesar Rp15 miliar. Anggaran tersebut dialokasikan untuk KPU Rp13 miliar dan panitia pengawas pemilu (panwaslu) Rp2 miliar.

“Kalau dilaksanakan pada 2016 (Jika revisi oleh DPR diterima, red.), maka sebagian anggaran pilkada tidak terpakai, contoh untuk kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS) otomatis tidak bisa diambil di 2015,” katanya.

Hal itu, kata dia, dengan pembentukan badan “ad hoc” tersebut, harus dilakukan beberapa bulan sebelum pelaksanaan pilkada, karena dalam revisi UU Pilkada salah satu di antaranya diusulkan untuk diundur dari sebelumnya 2015 menjadi 2016.(ant/Bj02)