Home Kesehatan Derita Kanker Hati Akut, Perut Arju Kian Membesar

Derita Kanker Hati Akut, Perut Arju Kian Membesar

647
0
Muhammad Arju Dzilchaq terbaring lemas karena penyakit kanker hati yang dideritanya.
             KENDAL, 25/7 (BeritaJateng.net) – Seorang remaja warga Dukuh Sawah Jati Desa Krajan Kulon RT 3 RW 4 Kecamatan Kaliwungu Kendal hanya bisa tergolek di atas kasur. Remaja yang diketahui Muhammad Arju Dzilchaq tidak lagi bersekolah ini karena divonis dokter menderita Hepatoblastoma atau kanker hati yg biasa menyerang anak.
             Perutnya membesar dan susah untuk makan, keluarga hanya mampu rawat jalan karena keterbatasan biaya. Muhamad Fuad ayah Arju keseharian hanya bekerja Sebagai tambal ban. Sementara ibunya berjualan sayuran.
             Menurut Fuad, penyakit anaknya ini sudah tidak bisa disembuhkan. Satu-satunya jalan adalah dengan jalan operasi cangkok hati. Proses itupun sangat rumit, karena butuh pendonor hati dan biaya  yang besar.
              “Setiap hari hanya bisa terbaring, karena kondisi tubuh yang lemas. Terhitung sudah tiga bulan ini terbaring di kamar,” kata fuad.
              Gejala pembesaran perut ini mulai terlihat sejak enam bulan silam saat Muhamad Arju usai melaksanakan ujian tengah semester di SMP Negeri 1 Kaliwungu. Tubuhnya terasa lemas dan susah untuk makan hingga kemudian perutnya membesar.
               Awalnya Arju masih bisa beraktivitas meski tubuhnya lemas, namun sebulan terakhir ini hanya bisa tergolek di kamar tidur tidak kuat untuk berdiri apalagi berjalan. Ayah Arju mengatakan diagnosa dokter anaknya terkena kelainan hati.
               “Di diagnose dokter terkena hepatoblastoma atau bahasa lainnya kanker hati. Kata dokter memang sulit untuk operasi karena biayanya besar,” kata warga dukuh Sawahjati Rt 03/04, Desa Krajan Kulon, Kecamatan Kaliwungu. (sty/el)