Home Ekbis Dekatkan Bank dengan Masyarakat, Bukopin Luncurkan B Tunai

Dekatkan Bank dengan Masyarakat, Bukopin Luncurkan B Tunai

3905

SEMARANG, 25/4 (Beritajateng.net) – Guna lebih mendekatkan diri dengan masyarakat, Bank Bukopin baru baru ini meluncurkan program B Tunai. Program ini dimaksudkan untuk memberi kemudahan masyarakat dalam menyimpan uangnya dengan cara menabung di bank, namun penabung tidak harus mendatangi bank untuk melakukan transaksi.

Direktur Bank Bukopin Rivan A Purwantono siang tadi meresmikan gerakan Ayo Nabung Mudah yang dilaksanakan di salah satu agen B Tunai di Jalan Sompok Baru 84 Semarang. Gerakan ini merupakan upaya untuk meningkatkan gairah menabung dan membudayakan menabung tanpa perlu bersusah antri di teller bank.

“B-Tunai merupakan branchless banking, adalah salah satu sarana Bank Bukopin dalam menjangkau masyarakat yang unbanked dan berdomisili jauh dari kantor bank’” ungkapnya.

Sebagaimana layanan perbankan pada umumnya, program B Tunai memberikan layanan perbankan yang lengkap mulai darI pembukaan rekening, setoran dan tarikan uang, informasi saldo, transfer dan transaksi pembayaran lainnya.

“Kami juga melayani pembayaran rekening listrik, PAM, bahkan membayar angsuran dari lembaga manapun seperti leasing dan sebagainya,” katanya.

Bank Bukopin merupakan salah satu market leader dalam produk Payment Point Online Bank di Indonesia. Penyebaran puluhan ribu titik payment point di Indonesia menjadi potensi untuk dijadikan agen B-Tunai. Saat ini agen B-Tunai sudah tersebar di beberapa daerah di Indonesia yang belum terjangkau oleh perbankan.

“Untuk meningkatkan pertumbuhan B-Tunai, Bank Bukopin meluncurkan program “Ayo Nabung Mudah” untuk agen B-Tunai. Bentuk programnya yaitu program peningkatan jumlah nasabah, dan program ini merupakan program pertama di Tahun 2018, periode 01 Februari – 30 Juni 2018, dan bentuk apresiasi yang diberikan kepada agen berupa insentif uang tunai sebesar Rp. 25.000, per penambahan 1 nasabah”, beber Rivan.

Rivan menambahkan, untuk menjadi agen B Tunai sangat mudah dan tidak diperlukan syarat syarat yang njelimet. Beberapa syarat yang harus dipenuhi adalah warga negara Indonesia, cakap melakukan transaksi, diam di daerah yang bagus, memiliki tabungan di Bank Bukopin sebagai wujud kemampuan finansial, dan tidak black list Bank Indonesia,

“Kami tidak menerapkan sistem deposit, hanya, bagi agen B Tunai diwajibkan menyetorkan dana simpanan yang masuk maksimal satu hari,” jelasnya.

Pada kesempatan yang sama, Deputi Direktur bidang Perijinan LJK Rusli Abbas mengatakan, program B Tunai yang dilaksanakan oleh Bukopin merupakan program edukasi kepada masyarakat terutama yang belum memiliki akses perbankan. Dengan program seperti ini masyarakat mulai mengenal dan terbiasa dengan layanan perbankan.

“Bagi masyarakat yang jauh dari akses perbankan terutama yang tinggal di pinggiran dan pedesaan, layanan ini sangat cocok karena bank mendekatkan diri dengan masyarakat,” katanya.

Rusli Abbas menjelaskan, B Tunai Bank Bukopin merupakan bagian dari layanan OJK berupa program Laku Pandai (layanan keuangan tanpa kantor) dalam rangka inklusi keuangan, yaitu sebagai program penyediaan layanan perbankan (keuangan) melalui kerjasama dengan pihak lain (agen bank) dan didukung dengan penggunaan sarana teknologi informasi, sehingga transaksi tidak harus dilakukan di bank.

(NK)