Home Lintas Jateng Debit Air Meningkat, Pintu Air Demangan Solo Dibuka

Debit Air Meningkat, Pintu Air Demangan Solo Dibuka

pintu air

Solo, 11/2 (BeritaJateng.net) – Menghindari melimpahnya air anak bengawan Solo agar tidak masuk ke pemukiman warga, sekitar empat buah pintu di pintu Air Demangan Sangkrah, Pasar Kliwon Kota Solo, Jawa Tengah, mulai dibuka.

Pintu air Demangan ini dibuka karena volume air yang ada di anak sungai Sungai Bengawan Solo ketinggiannya sudah mencapai 4 meter dan sudah melebihi ambang batas ketinggian normal.

Sisbayu petugas jaga pintu air Demangan, menjelaskan jika tidak degera dibuka air akan meluber ke pemukiman warga. Karena permukaan air didalam pintu air Demangan sudah mencapai ketinggian 4 meter.

Ketinggian air di luar pintu air Demangan sudah mencapai 3,8 meter. Jadi harus dibuka agar tidak meluap ke rumah penduduk yang ada di sekitar bantaran pintu air Demangan.

“Jika air di pintu air Demangan sudah empat meter itu artinya berstatus merah. Bila tidak segera di buka, banjir di Solo tinggal menunggu waktu saja,” jelasnya di pintu air Demangan, Sangkrah, Pasar Kliwon, Solo, Jawa Tengah, Rabu (11/2/2015).

Sisbayu menyebutkan saat ini pompa pintu air Demangan dibuka untuk membuang air yang berada di dalam pintu air ke Bengawan Solo terus dilakukan. Pihaknya sudah sudah meminta warga untuk siaga.

“Kami mulai siaga jika permukaan air di Jurug mencapai 6,5 meter, siaga II jika air 7,5 meter, dan siaga III jika air peres dengan teras Bengawan Solo atau sekitar 8,5 meter,” jelasnya. (BJ24)