Home Nasional Dandim Karanganyar ‘Turun Gunung’,  Penghuni Rumah Pohon Akhirnya Mau Pindah

Dandim Karanganyar ‘Turun Gunung’,  Penghuni Rumah Pohon Akhirnya Mau Pindah

666
Dandim Karanganyar Letkol Inf Muhammad Ibrahim Mukhtar Maksum saat berikan bantuan pada penghuni rumah pohon.
        KARANGANYAR, 20/12 (BeritaJateng.net) – Kehidupan Tri Budianto bersama istri dan dua anaknya sempat membuat warga Karanganyar heboh. Pasalnya mereka tinggal diatas rumah pohon, beratap daun rumbia dan hanya berdinding plastik.
          Selain itu rumah pohon yang ditinggali oleh Tri Budianto dan keluarganya tanpa ada penerangan listrik, fasilitas MCK juga letaknya di tengah hutan jati di kawasan Plesungan Gondangrejo, Karanganyar.
          Prihatin dengan kondisi tersebut, Komandan Kodim 0727/Karanganyar Letkol Inf Letkol Inf Muhammad Ibrahim Mukhtar Maksum datang langsung ke lokasi rumah pohon yang jaraknya lebih dari satu kilometer dari jalan raya.
          Dandim Karanganyar bersama anggota dari Korem 074/Warastratama datang ke rumah pohon Tri Budiyanto dan membujuknya agar mau pindah dari lokasi yang tidak layak huni tersebut.
          Sebelumnya salah satu anggota Koramil 17/Gondangrejo Kodim 0727/Karanganyar Pelda Kristiawan, Babinsa desa Plesungan sudah membuka komunikasi awal dengan Budiyanto dan membujuknya. Hingga akhirnya orang nomor satu di Kodim Karanganyar terjun langsung membujuk Budiyanto agar mau direlokasi.
           Menurut Dandim Karanganganyar, bukan hal mudah untuk membujuk Tri Budiyanto agar mau pindah. Karena lokasi yang saat ini ditempatinya sangat berbahaya bagi diri dan keluarganya. Setelah melalui pendekatan intens dan bujukan akhirnya Tri Budiyanto menyerah juga dan siap pindah.
          “Kita berusaha membujuk dan memberi pengertian (pada Tri), agar bersedia pindah ke lokasi lain. Untuk sementara sambil menunggu rumah selesai dibangun bisa menempati Rukan (Rumah Kantor) Babinsa,” ungkap Dandim Karanganyar, Rabu (20/12/2017).
         Selain menyediakan hunian sementara untuk Tri Budiyanto yang sehari-hari bekerja sebagai pemulung, Dandim Karanganyar Letkol Inf Letkol Inf Muhammad Ibrahim Mukhtar Maksum juga bersedia  membantu biaya sekolah untuk dua anaknya.
         “Jangan berpikir untuk kembali ke rumah pohon. Sementara tinggal di sini sambil menunggu rumah relokasi dibangun. Biaya sekolah akan saya bantu sepenuhnya,” tuturnya.
            Kepada jajaran dibawahnya Dandim Karanganyar juga berpesan upaya yang dilakukan saat ini merupakan salah satu upaya pendekatan anggota TNI ke masyarakat. Bahwa kehadiran TNI mampu menjadi pelopor dan penggerak dalam usaha untuk membantu mengatasi kesulitan rakyat di desa binaan masing-masing.
          “Semoga ini bisa menjadi contoh tauladan yang baik untuk mengabdi kepada masyarakat,” pesannya. (DB/El)