Home Lintas Jateng Damkar Masih Berupaya Padamkan Bara Api Yang Masih Menyala

Damkar Masih Berupaya Padamkan Bara Api Yang Masih Menyala

Di beberapa titik, bara api masih menyala pasca kebakaran pasar Johar semalam
Di beberapa titik, bara api masih menyala pasca kebakaran pasar Johar semalam
Di beberapa titik, bara api masih menyala pasca kebakaran pasar Johar semalam

 

Petugas masih memadamkan api dan bara yang masih menyala
Petugas masih memadamkan api dan bara yang masih menyala

Semarang, 10/5 (BeritaJateng.net) – Kepulan asap yang berasal dari sisa kebakaran masih terlihat di Pasar Johar Semarang, Minggu, meski api yang meludeskan pasar tradisional sudah berhasil dikuasai.

Para personel pemadam kebakaran terlihat masih menyemprotkan api di puing-puing kios di Pasar Johar yang masih menampakkan bara api, dibantu aparat kepolisian dan TNI setempat.

Meski asap masih tampak jelas mengepul dari dalam Pasar Johar, sejumlah pedagang terlihat masih menyempatkan masuk untuk mengambil barang dagangan mereka yang masih bisa diselamatkan.

Sejumlah aparat kepolisian dan TNI yang mengamankan lokasi juga tampak membantu para pedagang mengambil barang dagangan yang belum sempat terjilat api untuk diangkut menggunakan mobil.

Kepala Bidang Operasional dan Pengendalian Dinas Kebakaran Kota Semarang Sumarsono yang ditemui di lokasi mengakui sisa-sisa kebakaran memang masih mengepulkan asap yang cukup pekat.

“Kalau api sebenarnya sudah berhasil kami kuasai, namun sisa-sisa pembakaran ini ‘ngureng’. Istilahnya, di bagian atasnya sudah padam, namun bagian dalamnya masih membara,” katanya.

Ia mengatakan bara api yang masih mengepulkan asap itu berasal material sisa-sisa kebakaran dari kios-kios tertentu yang kebanyakan berupa triplek, kayu, kain, pakaian, dan sejenisnya.

Sumarsono menjelaskan pihaknya sudah berkonsultasi dengan tim ahli bangunan gedung untuk mengecek kondisi bangunan pascaterbakar dan kondisi terparah justru pada material tambahan. 

“Struktur utama bangunan Pasar Johar, seperti atap cendawan tidak begitu parah, namun material-material tambahan, seperti kios-kios dari triplek dan papan ludes terbakar,” katanya.

Sampai saat ini, kata dia, Dinas Kebakaran Kota Semarang, dibantu pemadam kebakaran dari daerah lain, seperti Kabupaten Demak, Kendal, dan Kabupaten Semarang masih bersiaga di lokasi.

“Terutama, bagian-bagian yang ‘ngureng’ (bara api, red.) ini. Kami masih terus semprot sampai benar-benar padam. Kami lokalisir agar tidak menyebar ke mana-mana,” pungkas Sumarsono.

Sebagaimana diwartakan, Pasar Johar Semarang terbakar hebat pada Sabtu (9/5) malam, sekitar pukul 20.00 WIB menghanguskan setidaknya ribuan kios pedagang yang ada di pasar itu.

Angin yang bertiup kencang menyebabkan kebakaran terus merembet ke Pasar Yaik yang masih satu kawasan dengan Pasar Johar, dan api baru berhasil dikuasai pada Minggu (10/5) pagi. (Bj)