Home Headline Curi Perhiasan Senilai Rp 300 Juta, Pemulung Diamankan Polisi

Curi Perhiasan Senilai Rp 300 Juta, Pemulung Diamankan Polisi

328
Curi Perhiasan senilai Rp 300 Juta, Pemulung diamankan Polisi

Semarang, 12/8 (BeritaJateng.net) – Aparat Polsek Semarang Selatan berhasil mengamankan Mat Syafi’i (33) warga Bologarang, Penawangan, Kabupaten Grobogan, pelaku pencurian perhiasan di rumah kosong yang ditinggal pemiliknya di Jalan Erlangga Barat IV/19, Pleburan pada Rabu (1/7) sekira pukul 21.00 WIB.

Pelaku yang kesehariannya sebagai pemulung diamankan setelah sempat buron selama satu bulan di tempat mangkal saat menjual barang hasil rongsokan.

“Pelaku masuk ke sebuah rumah di Jalan Erlangga Barat yang sedang ditinggal pergi pemiliknya,” ungkap Kapolsek Semarang Selatan Kompol, Untung Kistopo saat rillis di Mapolsek Semarang Selatan.

Aksi nekat yang dilakukan pemulung ini berawal saat dirinya sedang mencari sampah di depan rumah korban. Mendapati rumah dalam keadaan kosong dengan lampu menyala, pria berusia 33 tahun ini masuk dengan memanjat dan melompat pagar rumah.

Dalam aksinya itu, pelaku berhasil mengambil sejumlah telepon seluler serta perhiasan emas dengan total mencapai Rp300 juta setelah berhasil mencongkel jendela rumah.

Selain mencari barang bekas pelaku ini sering mengamati rumah-rumah yang mungkin ditinggal pergi oleh pemiliknya. Pelaku menandai rumah incarannya itu dengan melihat pola buang sampah dan lampu depan yang selalu menyala.

“Rumah yang diincarnya itu sudah tiga hari tidak membuang sampah serta lampu depannya selalu menyala,” ujarnya.

Dari hasil curian berupa perhiasan emas tersebut kemudian dijual pelaku secara bertahap dengan nilai total Rp110 juta.

“Uang hasil curian itu sebagian dideposito, sebagian lagi untuk membeli mobil bak terbuka, dan sisanya dibagikan kepada para pengemudi becak di sekitar kawasan Semarang Selatan,” ungkap pelaku Mat Syafi’i dihadapan polisi.

Dari pemeriksaan Polisi, pelaku sudah sembilan kali membobol rumah kosong di kawasan itu dengan modus yang sama. Atas perbuatannya, tersangka akan dijerat dengan Pasal 363 KUHP tentang pencurian. (Nh/El)