Home Headline Crane Roboh, Pelindo III Alami Kerugian Rp. 60 M

Crane Roboh, Pelindo III Alami Kerugian Rp. 60 M

248
Crane Roboh, Pelindo III Alami Kerugian Rp. 60 M

Semarang, 15/7 (BeritaJateng.net) – Pelindo III Semarang mengalami kerugian hingga mencapai Rp. 60 miliar akibat robohnya container crane yang tertabrak kapal MV Soul Of Luck pada Minggu sore (14/7) kemarin.

Hal tersebut disampaikan oleh Doso Agung, selaku Dirut Pelindo III Semarang, Senin. Ia menjelaskan bahwa pihaknya telah menilai kerugian sebesar Rp. 60 miliar, akibat terjadinya insiden kapal MV Soul Of Luck menabrak container crane urutan ketiga milik Pelindo III.

“Kejadian ini mengakibatkan aktifitas bongkar muat berhenti selama 3 jam, dan aktif kembali mulai pukul 20.30 wib. Kerusakan seluruhnya meliputi satu robohnya container crane, 14 container rusak, 3 head truck dan sebagian dermaga tergores rusak,” ucapnya saat melakukan presconference di Kantor Pelindo III Semarang.

Preskonference PT Pelindo III terkait robohnya crane yang disebabkan Kapal MV Soul of Luck

Lanjutnya, selama dua minggu dibutuhkan proses evakuasi bangkai container crane yang roboh, container rusak, investigasi asuransi hingga pembersihan dan berjalan secara normal kembali.

“Kami menjamin tidak akan ada delay ekspor impor, dan keterlambatan kapal container untuk beraktifitas, kerusakan ini hanya mengakibatkan proses bongkar muat menurun 5-10 persen saja. Kami akan melakukan proses bongkar muat bantuan melalui craine domestik, jika memang dirasakan kurang akan mendatangkan crane bantuan dari Surabaya untuk membantu proses bongkar muat,” tambahnya. (AK/El)