Home Headline Corona Mewabah, Rempah dan Bahan Herbal Menipis Harga Melambung Naik

Corona Mewabah, Rempah dan Bahan Herbal Menipis Harga Melambung Naik

449

SEMARANG, 11/4 (BeritaJateng.net) – Permintaan pesanan ramuan jamu herbal semakin meningkat selama merebaknya virus corona jenis baru, Covid-19. Namun harga-harga bahan baku berupa rempah-rempah untuk ramuan jamu herbal justru melambung setinggi langit.

Mahalnya harga rempah ketika pesanan jamu herbal meningkat tersebut diungkapkan pemilik Halimah Clinic Herbal, Bunda Halimah saat ditemui awak media di Semarang, Sabtu.

Pihaknya mengaku saat ini mendapat banyak pesanan jamu “Tolak Corona” untuk meningkatkan daya tahun atau imunitas tubuh guna meredam ganasnya virus corona.

Dia mengungkapkan, pesanan datang dari kalangan masyarakat di wilayah Jawa Tengah, luar pulau hingga luar negeri.

“Namun saat ini di pasaran harga bahan-bahan rempah untuk jamu, terutama bahan rempah jamu tolak corona sangat mahal sekali. Seperti harga kapulogo yang biasanya Rp100.000 per kilogram, kini sudah mencapai Rp350.000,” sebut Bunda Halimah.

Tak hanya itu, harga Jahe juga melambung yang biasanya hanya Rp. 40.000 satu kilogram kini bisa mencapai Rp. 100.000, serta tanaman herbal lainnya pun mengalami kenaikan yang signifikan setelah mewabahnya Virus Corona di Indonesia.

Menyiasati hal tersebut, Bunda Halimah biasa mendapatkan tanaman herbal dari menanam sendiri, membeli dari sekitar hingga impor dari beberapa daerah di Luar negeri.

“Bunda khusus meracik sendiri ramuan untuk menangkal virus corona. Ramuan ini terdiri dari 29 bahan herbal alami khas jamu Madura,” ucap wanita yang akrab disapa Bunda Halimah pemilik Halimah Herbal Clinic yang beralamat di Jalan Majapahit no 376 Palebon, Pedurungan.

Bunda Halimah mengatakan jika komponen paling penting adalah akar bambu kuning, akar petai, rempah rempah serta bahan herbal lainnya.

Dengan melambungnya harga tanaman herbal di pasaran, ia mengajak masyarakat untuk menanam sendiri di pekarangan maupun halaman rumah sendiri.

“Tanaman herbal itu punya khasiat yang baik bagi tubuh, lebih alami, dan mudah didapat karena ada disekitar kita. Namun jika kesulitan mendapatkannya, bisa datang ke Halimah Herbal Clinik, ada beragam jenis racikan herbal untuk berbagai penyakit, Insyaallah sembuh dengan bantuan pengobatan Bunda Halimah,” terangnya. (El)