Home Headline ‘Clean Airport From Covid -19’ di Bandara Ahmad Yani Semarang

‘Clean Airport From Covid -19’ di Bandara Ahmad Yani Semarang

473
Clean Airport From Covid -19 di Bandara Ahmad Yani Semarang

Semarang, 13/3 (BeritaJateng.net) – Angkasa Pura I melakukan langskah preventif pencegahan dan antisipasi penularan Corona Virus (Covid-19) di pintu kedatangan Bandara Jenderal Ahmad Yani Semarang.

Aksi Komunitas Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang tersebut bertajuk “Clean Airport from Covid-19”.

Pada aksi nyata kali ini, diawali dengan kegiatan apel di area sebelah timur drop zone yang dihadiri oleh seluruh pegawai AP 1, TNI, POLRI, anak perusahaan, mitra kerja, mitra usaha, serta intansi lainnya yang tergabung dalam komunitas bandara.

General Manager PT Angkasa Pura I Bandara Ahmad Yani, Hardi Ariyanto mengatakan, Bandara Ahmad Yani Semarang sebagai pintu masuk masyarakat dari berbagai suku maupun belahan dunia, diperlukan langkah untuk pencegahan awal masuknya penyakit yang saat ini tengah meresahkan.

“Kita harus wujudkan bandara yang bersih dan aman dari virus corona serta virus membahayakan lainnya,” ujar Hardi.

Clean Airport From Covid -19 di Bandara Ahmad Yani Semarang

Aksi bersih-bersih di lingkungan bandara meliputi area drop zone, pick up zone, terminal bandara, shelter BRT bandara, Masjid Baitus Salam, terminal kargo & pos serta dilanjutkan pada area perkantoran komunitas bandara.

Kegiatan bersih-bersih dilaksanakan pada area outdoor dan indoor. Di area outdoor dilakukan pemungutan sampah, pencabutan rumput dan pembersihan lainnya yang meliputi area halaman perkantoran, shelter BRT, halaman masjid, drop zone, pick up zone, halaman terminal kargo & pos.

Sedangkan di area indoor dilakukan penyemprotan cairan desinfektan serta pembersihan area yang sering dikunjungi oleh penumpang dengan mengelap benda-benda menggunakan lap yang telah diberikan cairan pembersih. Area indoor yang dibersihkan meliputi gedung kantor, gedung terminal bandara, dan gedung terminal kargo & pos.

Para petugas bandara serta petugas kebersihan turut serta dalam kegiatan bersih-bersih pada Jumat pagi ini.

“Selain kegiatan ini, pihak bandara juga telah melakukan beberapa upaya untuk mencegah masuknya virus corona, diantaranya adalah simulasi penanggulangan novel corona virus, penyediaan hand sanitizer di 21 titik area bandara baik di keberangkatan maupun kedatangan, pengecekan suhu tubuh bagi penumpang internasional dan domestik baik yang berangkat maupun datang, peningkatan standar kebersihan di area gerai, kantor, dan gudang, monitoring kesehatan pegawai secara rutin dan upaya lainnya,” tambah Hardi.

Diharapkan upaya yang dilakukan oleh pihak bandara serta instansi yang tergabung dalam komunitas bandara dapat berjalan dengan lancar dan memberikan manfaat yang luar biasa bagi para pengguna jasa bandara. (El)