Home Ekbis Ciptakan Wirausahawan Muda Kreatif Lewat Program Enduro Student 

Ciptakan Wirausahawan Muda Kreatif Lewat Program Enduro Student 

1518
0
Ciptakan Wirausahawan Muda Kreatif Lewat Program Enduro Student 
          Semarang, 17/10 (BeritaJateng.net) – PT Pertamina Lubricants, program Corporate Social Responsibility (CSR), meluncurkan program berbasis kemandirian ekonomi tenaga muda dan masyarakat Indonesia dalam kewirausahaan yakni “Enduro Student Program” pada Selasa (16/10).
        Enduro Student Program adalah rangkaian kegiatan pelatihan dan kewirausahaan khususnya perbengkelan roda dua untuk pelajar SMK di beberapa kota di Jawa Tengah. Enduro Student Program (ESP) ini terdiri dari berbagai tahapan. Tahapan pertama, peserta akan mengikuti pelatihan teknis dan non-teknis sepeda motor di balai Latihan Kerja Industri (BLKI) setempat selama sebulan.
        Setelah dinyatakan lulus dari BLKI, peserta melanjutkan program dengan melakukan praktek kerja (magang) di bengkel mitra binaan PT. Pertamina Lubricants. Pada tahap tersebut, peserta akan menerima mentorship dan pelatihan kerja langsung oleh mekanik yang sudah berpengalaman.
         “Pada tahap ini, peserta benear-benar diajak terjun langsung secara real untuk bekerja teknis keterampilan bengkel sepeda motor sekaligus belajar menjalankan bisnis bengkel skala kecil dan medium dari PT. Pertamina Lubricants,” ungkap GM Pertamina MOR IV Yanuar Budi Hartanto saat ditemui di kantor Pertamina MOR IV Semarang.
         Kepala Dinas Tenaga Kerja & Transmigrasi Provinsi Jawa Tengah, Dra. Wika Bintang, MM dalam sambutannya kepada 21 peserta program, beliau menyatakan bahwa Enduro Student Program diharapkan dapat memfasilitasi para lulusan SMK secara lebih luas lagi agar mereka bisa mendapatkan bekal untuk berwirausaha dengan keterampilan yang diberikan. Kemudian acara dilanjutkan dengan persembahan tarian tradisional dari ibu-ibu Sales Region IV dan disusul dengan pemukulan gong secara simbolis oleh Senior CSR, General Manager Pertamina MOR IV, Pjs SRM SR IV, dan LPKS Djieneka Abadi.
         “Pelatihan ini sangat bermanfaat untuk membuka peluang bisnis dan kerja serta memberi motivasi untuk berwirausaha bagi lulusan SMK seperti saya, semoga program ini dapat memberikan peluang kerja lebih banyak lagi, khususnya di wilayah Jawa Tengah seperti saya,” ujar Rifky Alfiandi, peserta ESP dari SMKN 1 Jambu, Bandungan. (El)