Home News Update Cinta Budaya Indonesia, Mahasiswa Undip Selenggarakan Padatara

Cinta Budaya Indonesia, Mahasiswa Undip Selenggarakan Padatara

348
0

IMG_20150615_163750

Semarang, 15/06 (BeritaJateng.net) – Setelah sukses menggelar kegiatan Pagelaran Tari Budaya Nusantara (Padatara) pada 2013 dan 2014 silam, kali ini UPK Tari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Diponegoro kembali menyelenggarakan Pagelaran Tari Budaya Nusantara (Padatara) 2015 di Gedung B Kelas EA 3.4 Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Diponegoro (UNDIP), Senin (15/6).

Pagelaran Tari Budaya Nusantara (Padatara) 2015 menampilkan performance dari berbagai Tarian Nusantara diantaranya, Tari Buih, NHKBP Kertanegara dari Gereja, Tarian UPK, Tarian Lenggang Nyai, Tarian Indang, Tarian Papua, Tarian Tor-Tor, Tarian Geyol Denok, Tarian Nandak Ganjen, Tarian Srikandi Cakul, dan Tarian Saman.

Ketua Penyelenggara, Levina Marpaung mengatakan kegiatan seperti ini sulit ditemukan pada era saat ini. Menurutnya anak muda cenderung suka akan globalisasi dan modern.

“Acara ini mengangkat budaya tradisional, tarian tradisional yang tidak semua fakultas punya. Tari Tor-Tor hanya Fakultas Ekonomi dan Bisnis yang punya, FISIP baru memulai,” paparnya.

Salah satu personil dari Tari Saman dan Tari Indang, Anicha DR menjelaskan bahwa Tari Indang terdiri dari 6 personil, sedangkan Taru Saman ada 14 personil. “Ini merupakan acara tahunan anggota UPK Tari. Tujuannya untuk menarik simpati mencintai Budaya Indonesia. Memberi tahukan dan memperkenalkan bahwa Indonesia memiliki Tarian Nusantara,” tambahnya.

Kegiatan ini, merupakan rangkaian acara pada hari Sabtu (6/6) yaitu Lomba Tari se-Kota Semarang. Dalam lomba tersebut di peroleh beberapa pemenang lomba yakni juara I dari UNDIP 17 dengan Tari Saman, juara II dari Studio 8 dengan Tari Lenggasor, dan juara III dari FISIP Tim C dengan Tari Payung. (Mg1)