Home Lintas Jateng Cilacap Siapkan Operasi Zebra Candi 2014

Cilacap Siapkan Operasi Zebra Candi 2014

image

Cilacap, 24/11 (Beritajateng.net) – Kepolisian Resor Cilacap, Jawa Tengah, menyiapkan Operasi Zebra Candi 2014 yang rencananya akan digelar selama 14 hari mulai tanggal 26 November hingga 9 Desember.

“Operasi Zebra Candi mengedepankan penindakan terhadap pelanggaran lalu lintas yang potensial mengakibatkan kecelakaan dan tindak pidana kejahatan bermotor,” kata Kepala Polres Cilacap Ajun Komisaris Besar Polisi Ulung Sampurna Jaya, di Cilacap, Senin.

Kapolres mengatakan hal itu saat Latihan Pra-Operasi Zebra Candi 2014 di Ruaptama Polres Cilacap yang diikuti perwira Polres Cilacap, kepala kepolisian sektor, dan anggota yang dilibatkan dalam operasi.

Menurut dia, Operasi Zebra Candi 2014 didukung dengan kegiatan pre-emtif melalui pendidikan dan penyuluhan tertib berlalu lintas kepada masyarakat.

Selain itu, kata dia, kegiatan preventif yang meliputi pengaturan, penjagaan, pengawalan, dan patroli lalu lintas dengan tujuan terciptanya situasi lalu lintas yang amana, tertib, lancar, kondusif, dan terkendali menjelang perayaan Natal 2014 dan Tahun Baru 2015.

“Pelaksanaan kegiatan Operasi Zebra tahun ini bisa menekan jumlah kejadian kecelakaan lalu lintas yang terjadi di wilayah hukum Polres Cilacap sehingga dapat mengurangi jumlah korban mati sia-sia di jalan raya,” katanya.

Berdasarkan data Satuan Lalu Lintas Polres Cilacap, kasus kecelakaan lalu lintas yang terjadi pada bulan Januari hingga Oktober 2014 tercatat sebanyak 631 kasus dengan korban meninggal dunia 53 orang, luka berat 19 orang, dan luka ringan 1.316 orang.

Sementara data pelanggaran lalu lintas pada bulan Januari hingga Oktober 2014 berupa tindakan langsung (tilang) terhadap 14.242 orang yang didominasi oleh pelajar atau mahasiswa disusul karyawan swasta, dan pegawai negeri.

Dalam hal ini, sebagian besar pelanggaran yang dilakukan oleh pengendara sepeda motor berupa tidak bisa menunjukkan surat kendaraan, belum memiliki surat izin mengemudi, masih di bawah umur, dan kendaraan sengaja dimodifikasi. (ant/pj)