Home Lintas Jateng Cilacap Siapkan Galeri UMKM di Rest Area

Cilacap Siapkan Galeri UMKM di Rest Area

112
0

image

Cilacap, 17/2 (Beritajateng.net) – Pemerintah Kabupaten Cilacap melalui Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi (Dinperindagkop) menyiapkan galeri di “rest area” atau tempat peristirahatan guna memasarkan produk usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

“Galeri UMKM itu dibangun menggunakan dana CSR (Corporate Social Responsibility) Pertamina Refinery Unit IV Cilacap bekerja sama dengan PTPN IX (PT Perkebunan Nusantara IX,” kata Kepala Dinperindagkop Cilacap Dian Arinda Murni di Cilacap, Jawa Tengah, Selasa.

Ia mengharapkan rombongan wisatawan maupun pemudik yang melintas di ruas jalan jalur selatan Jateng dapat memanfaatkan tempat peristirahatan itu sambil berbelanja berbagai produk UMKM.

Dengan demikian, kata dia, berbagai produk UMKM Cilacap akan semakin dikenal dan diminati masyarakat sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan pelaku UMKM.

Kendati demikian, dia mengakui bahwa tidak semua produk UMKM Kabupaten Cilacap akan dipasarkan di galeri itu karena adanya keterbatasan ruangan.

“Kami tentunya akan pilih produk-produk unggulan untuk dipasarkan di galeri UMKM itu. Kami berharap ‘rest area’ itu dapat beroperasi pada masa arus mudik Lebaran 2015,” katanya.

Tempat peristirahatan atau “rest area” dengan nama “Bangga Mbangun Desa” itu berlokasi Jalan Raya Mergo, Kecamatan Dayeuhluhur, Cilacap, yang berada di jalur selatan Jateng penghubung Bandung dan Yogyakarta.

Tempat peristirahatan yang pembangunannya ditangani oleh Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang (DCKTR) Kabupaten Cilacap itu menempati lahan seluas 600 meter persegi dengan memanfaatkan lapangan milik PTPN IX.(ant/BJ)