Home Hukum dan Kriminal Cek Kesiapan Angkutan, Petugas Temukan Bus Tak Layak Jalan

Cek Kesiapan Angkutan, Petugas Temukan Bus Tak Layak Jalan

223
0
Cek Kesiapan Angkutan, Petugas Temukan Bus Tak Layak Jalan
       BLORA, 5/6 (BeritaJateng.net) – Menjelang angkutan lebaran, Petugas gabungan dari dinas perumahan pemukiman dan perhubungan (dinrumkimhub), dinas kesehatan dan polres Blora  Senin siang (4/6/2018) mengecek seluruh bus yang berada di terminal tipe A Cepu kabupaten Blora. Dalam pengecekan ini, petugas menemukan 1 bus tidak layak jalan dan 7 bus antar kota antar provinsi (AKAP) keluar trayek.
       Satu bus yang ditemukan tidak layak jalan adalah bus jurusan Cepu Ngawi Jawa timur. Bus tesebut dinyatakan tidak layak jalan karena ban belakang sudah tipis.
       “Untuk hari ini masih dipersilahkan jalan. Namun kalau besok masih belum diganti bannya, maka petugas akan menindak”, ucap ngadiyanto kasi angkutan dan keselamatan dinrumkimhub Blora saat memimpin langsung pengecekan di lokasi.
       Selain menemukan bus tidak layak jalan, petugas juga menemukan 7 bus yang diketahui keluar trayek. Ke 7 bus tersebut seharusnya berada di trayek Pekalongan, Pati, Semarang, Kudus, Brebes, Malang dan Sumenep.
       Menurut Ngadiyanto, bus luar trayek di Terminal Cepu bukan hanya kali ini saja ditemukan. Tapi setiap ram cek pasti ada, bus yang tidak sesuai dengan trayeknya. ‘’Tapi kalau untuk bus AKAP rata-rata kondisi busnya masih bagus dan laik jalan,” terangnya.
         Meski melanggar, sejumlah bus tersebut hanya diberikan peringatan oleh petugas.  “Nanti kalau mendekati hari raya kita ada pemeriksaan lagi, kalau masih ada kita tindak ,’’ tambah Kasatlantas polres Blora AKP Himawan aji Angga.
       Sementara itu, selain melakukan ram cek kendaraan, sejumlah  supir dan kernet juga dilakukan tes kesehatan dan tes urine. Dari pengecekan tersebut, ditemukan 3 sopir bus yang memiliki tekanan darah tinggi mencapai 200.
       Sementara dari hasil tes urine dari 20 supir dan kernet petugas tidak menemukan indikasi menggunakan narkoba.
(MN/El)