Home Kesehatan Cegah Penyebaran HIV/AIDS Dengan Tes VCT

Cegah Penyebaran HIV/AIDS Dengan Tes VCT

377
0
Layanan VCT DKK Sukoharjo dalam Peringatan Hari AIDS Sedunia
          SUKOHARJO, 18/12 (BeritaJateng.net) –  Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Sukoharjo menghimbau kepada masyarakat untuk berani melakukan tes Voluntary Conseling and Testing (VCT ) sebagai bagian dari upaya pencegahan penyebaran infeksi HIV / AIDS.
           Kepala Bidang (Kabid) Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (P2PL) DKK Sukoharjo, Bejo Raharjo, jelaskan VCT adalah proses konseling pra testing, konseling post testing, dan testing HIV secara sukarela yang bersifat confidental dan secara lebih dini membantu orang mengetahui status HIV.
           “Pemeriksaan ini (tes VCT) bertujuan untuk peningkatan akses perawatan dan dukungan pada penderita dan keluarganya,” jelas Bejo Raharjo, Minggu (17/12/2017)
           Bejo Raharjo juga sampaikan pemeriksaan dini terhadap HIV/AIDS perlu dilakukan untuk segera mendapat pertolongan kesehatan sesuai kebutuhan bagi mereka yang diidentifikasi terinfeksi karena HIV/AIDS.
            “Pasalnya cara penularannya sangat cepat, dan hingga saat ini obat HIV/AIDS belum ditemukan obatnya,” tutur Bejo Raharjo.
           Bejo Raharjo juga sampaikan, masyarakat yang ingin mengikuti tes VCT tidak perlu merasa khawatir, karena konseling dalam VCT dijamin kerahasiaannya, semua terjamin aman.
            Sebagai bentuk dukungan dalam mencegah penyebaran HIV/AIDS, Pemkab Sukoharjo telah membentuk Komisi Penanggulangan AIDS bekerja sama dengan DKK. Selain itu beberapa Puskesmas dan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Ir Soekarno telah siap melayani tes VCT. (Db/el)