Home Hukum dan Kriminal Cegah Laka Di Perlintasan KA, Zebra dan Petugas Cegat Pelanggar JPL

Cegah Laka Di Perlintasan KA, Zebra dan Petugas Cegat Pelanggar JPL

107
0
Cegah Laka Di Perlintasan KA, Zebra dan Petugas Cegat Pelanggar JPL

          KENDAL, 6/11 (BeritaJateng.net) – Cara unik dilakukan Satlantas Polres Kendal dan Petugas PT KAI Daop IV Semarang. Guna meningkatkan kesadaran pengendara saat melintas di jalan pintu perlintasan (JPL) Rel kereta api (KA) dilakukan sosialisasi.

          Sosialisasi dilakukan karena masih banyak kecelakan terjadi di JPL rel KA yang memakan korban jiwa. Tidak hanya itu kecerobohan pengendara juga menjadi penyebab utama kecelakaan di palang pintu perlintasan.
          Sebagai upaya mengantisipasi kecelakaan di perlintasan KA, tim gabungan Dinas Perhubungan, PT KAI dan Polres Kendal melakukan sosialisasi di pintu perlintasan KA di Pantura Kaliwungu.
           Dalam sosialiasi ini, petugas mengenakan boneka zebra menghadang pengendara yang kerap menerobos perlintasan meski pintu sudah ditutup. Dengan menggunakan poster boneka zebra dan petugas meminta pengendara untuk sabar dan tetap di jalurnya.
Cegah Laka Di Perlintasan KA, Zebra dan Petugas Cegat Pelanggar JPL
            Tidak hanya memberikan sosialisasi untuk tidak menerobos palang pintu perlintasan, petugas juga memasang barier agar kendaraan tidak masuk ke jalur lain sehingga mengakibatkan kemacetan.
           Sosialiasi dengan cara ini dilakukan agar pengguna jalan tertib dan tidak menerobos pintu perlintasan kereta api meski sudah tertutup. Kasat Lantas Polres Kendal AKP Edy Sutrisno mengatakan, sosialisasi ini merupakan rangkaian pelaksanaan operasi zebra 2017 untuk memberikan edukasi kepada pengguna jalan agar tertib berlalu lintas.
         “Ini untuk mengurangi angka kecelakaan di perlintasan KA akibat menerobos. Sedangkan berier di tengah jalan untuk memisahkan jalur dari barat dan timur. Tujuannya jelas agar tidak menimbulkan kemacetan karena saling serobot,” jelas kasat.
            Selain memberikan sosialiasi kepada pengguna jalan, jajaran Polres Kendal bersama Kodim 0715 Kendal menggelar pemeriksaan surat kendaraan di sejumlah titik. Pemeriksaan kendaraan ini dilakukan untuk menertibkan pelanggaran baik masyarakat umum maupun anggota Kepolisian dan anggoa TNI.
           “Operasi gabungan ini akan terus dilakukan selama Operasi zebra. Khusus untuk anggota TNI nanti provos Kodim Kendal yang memeriksanya,” pungkas Edi Sutrisno. (sty/EL)