Home Hukum dan Kriminal Cegah Kebakaran Hutan, Polres Blora Andalkan Bhabinkamtibmas

Cegah Kebakaran Hutan, Polres Blora Andalkan Bhabinkamtibmas

623
0
Cegah Kebakaran Hutan, Polres Blora Andalkan Bhabinkamtibmas
      BLORA, 13/8 (BeritaJateng.net) – Aparat kepolisian polres Blora mewaspadai terjadinya kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di musim kemarau saat ini. Hal ini mengingat hampir sebagian besar wilayah Blora merupakan daerah hutan. Untuk mengantisipasi terjadinya kebakaran hutan, Kapolres Blora, AKBP Saptono menginstruksikan semua bhabinkamtibmas mensosialisasikan bahaya karhutla dan cara pencegahannya.
      “Kami instruksikan Bhabinkamtibmas melakukan pembinaan langsung kepada masyarakat terkait karhutla sekaligus menyampaikan dampak karhutlah yang selain merusak lingkungan hutan juga polusi udara,” kata AKBP Saptono saat memimpin apel penanganan karhutla di hutan kota kecamatan Randublatung, Kamis (13/8/2018).
      Selain itu Kapolres  meminta kepada seluruh personil untuk terus menjalin sinergritas dengan Polhut dalam penanganan masalah karlahut ini dan hilangkan ego sektoral demi pelaksanaan tugas penanganan karlahut yang lebih baik kedepannya.
      Menurutnya, kesiapan personel dan sarana prasarana untuk penanggulangan karhutla penting dilakukan sehingga bisa diterjunkan dan digunakan setiap saat jika terjadi kebakaran.
      “Ada beberapa faktor penyebab kebakaran hutan yang sering terjadi, diantaranya faktor cuaca maupun unsur kesengajaan karena masyarakat dengan sengaja membakar daun di hutan yang seharusnya di potong, ataupun membakar padang ilalang dengan berbagai maksud dan tujuan,” ungkap Kapolres.
      Dikatakan, kepolisian terus berupaya memberikan penyadaran ke masyarakat terkait karhutla sehingga lebih memilih melakukan pendekatan dibandingkan sikap refresif atau penindakan.
      Kegiatan dihadiri kepala ADM Perhutani Randublatung Hilal, ADM Rembang, ADM Cepu dan ADM Randublatung. (MN/EL)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here