Home News Update Cara Mudah Baca Quran Dengan Nada Murattal

Cara Mudah Baca Quran Dengan Nada Murattal

Muri-Q 1

Semarang, 12/7 (BeritaJateng.net) – Menjelang akhir bulan Ramadhan 1436 H, Pena Yatim Nur Ihsan mengadakan Pelatihan Murattal Irama Qur’an (Muri-Q) di Masjid At-Taqwa Jl. Taman Menteri Supeno No.2 Semarang, Sabtu (11/7).

Acara yang terbuka untuk umum dan tidak dipungut biaya ini dipandu oleh moderator Ustad Ahsan Tsaqofi, yang sekaligus memberikan gambaran umum cara menghafal Quran dengan metode Tatsmur.

Ustad Ahsan Tsaqofi menjelaskan, peserta bukan sekadar diajak membaca Al Qur’an namun juga lebih untuk memahami kaidah pembacaan Al Qur’an yang baik dan benar.

“Dalam proses belajar,¬†membaca Quran akan lebih efektif dari pada ketika mendengar. Karena belajar membaca Quran, akan lebih mudah diingat daripada belajar mendengarkan bacaan Quran,” tuturnya.

Selanjutnya pelatihan disampaikan oleh trainer nasional Muri-Q dan penemu cara menghafal Quran dengan metode Tatsmur oleh Ustad Edi Sumianto, S.Pd.I.

Dalam kesempatan ini Ustad Edi Sumianto melatih sekitar 50 peserta yang hadir dan langsung praktek bersama-sama membaca Quran dengan nada murattal. Mulai dari mengeja perhuruf, perkata, dan langsung ke dalam ayat-ayat Al Quran.

Ndaru Taryanto selaku panitia dan pimpinan Pena Yatim Nur Ihsan mengatakan bahwa pelatihan ditujukan untuk melatih peserta agar dapat membaca Quran dengan nada murattal yang baik dan benar. “Tidak hanya hanyut dalam nada saja, namun juga sesuai dengan panjang pendeknya bacaan dan makhraj huruf,” jelasnya.

Menurutnya, tidak ada batasan usia, muda maupun lanjut, pria-wanita, awam-mahir, metode Murattal Irama Qur’an ini sangat membantu membaca dalam Al Qur’an secara baik dan benar. (MG-3)